You are here: Home » Priangan Timur » Kota Tasikmalaya » Pesta Miras Oplosan, 3 Tewas 1 Kritis

Pesta Miras Oplosan, 3 Tewas 1 Kritis 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Sulistiyo Pudjo Hartono (foto: ist)

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Sulistiyo Pudjo Hartono (foto: ist)

Tasikmalaya, eljabar.com — Sabtu (21/11/2015) sekitar pukul 14.00 WIB, di Jl. Sukalaya Kel. Argasari, Kec. Cihideung Kota Tasikmalaya, tiga orang tewas usai berpesta minuman keras (miras) merk kristal yang dicampur dengan minuman Green Tea, Pulpi Orange, Cocacola, Orange Jus dan Bir. Mereka juga mencampur miras tersebut dengan antangin. Diduga, akibat miras oplosan itu ketiganya tewas.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Sulistyo Pudjo hartono membenarkan, ada enam orang yang melakukan pesta miras itu. “Ada 3 yang meninggal dunia, 1 orang kritis karena penglihatannya kabur, kemudian yang 2 orang lagi kondisinya baik-baik saja,” ujarnya.
Adapun korban tewas antara lain Ade Iyon (50), Kabi Arapat (26) warga Jl. Sukalaya Gg. Hegarsari I Rt 2 Rw 4, Kel. Argasari, Kec. Cihideung Kota Tasikmalaya dan Herda (20) warga Jl. Bojongsari Rt 4 Rw 12, Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya.
“Sementara Deden alias Tetet alias Oray, 50 tahun, warga  Jl. Cieunteung No. 52, Kel. Argasari Kota Tasikmalaya dirawat di rumah sakit karena penglihatannya kabur,” kata Pudjo.
Beruntung bagi Irwan alias Utep (27), warga Kp. Sawah Lempay, RT/RW 04, Kel. Argasari Kec. Cihideung dan Eris Dedi (50) warga Jl. Pasar Kidul Rt 07 Rw 10, Kel. Cilembang Kec. Cihideung Kota Tasikmalaya. Keduanya selamat dari cengkraman maut akibat pesta miras itu.
Irwan alias Utep yang dijadikan saksi mengakui, pada  Kamis tanggal 19 November 2015 sekitar pukul 14.00 Wib, pesta miras digelar di kediaman Ade Iyon. Irwan bersama korban lainnya mengkonsumsi miras tersebut dengan dioplos beberapa minuman sesuai selera para korban. Setelah itu, sebagai minuman penutup, mereka menenggak bir.
“Saya waktu itu pergi ke Bandung dan meninggalkan kelima teman saya dalam keadaan mabuk. Namun tak diduga, selang dua hari berikutnya kejadiannya akan seperti ini, sampai menyebabkan korban meninggal,” aku Irwan saat dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.
Dia mengaku membeli miras dari Rudi Budiman alias Yeye (45) warga Jl. Cipedes Rt 01, Rw 02, Kec. Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Sudah Ditindak
Sementara dari catatan kepolisian, penjual minuman keras ini sudah tiga kali dirazia dan ditindak oleh Polisi. “Bisa dibilang penjual miras ini tidak kapok dalam menjual miras walau telah ditindak oleh Polisi sebanyak 3 kali,” tegas Kombes Pol. Sulistyo Pudjo Hartono, Kabid Humas Polda Jabar.
Ia mengatakan, mengenai materi bahan racikan miras oplosan, itu langsung didalami oleh polisi. “Apakah materi yang dioplos para korban tersebut beracun atau meninbulkan efek toksin, itu sedang kami dalami. Pengakuan saksi juga kita dalami,” katanya.
Sementara Rudi selaku penjual miras akan ditindak sesuai hukum yang berlaku. “Untuk sementara ini pelaku baru dikenakan pasal tindak pidana ringan dan wajib lapor. Namun polisi terus mendalami kasus ini,” tandasnya. (Boni Hermawan)

391 total views, 1 views today