You are here: Home » Jawa Barat » Sabuga Kembali ‘Kinclong’ Berkat Relawan ‘2DM’ 

Sabuga Kembali ‘Kinclong’ Berkat Relawan ‘2DM’  

photostudio_1515540471374
Bandung,eljabar.com —  Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) kembali ‘kinclong’ alias bersih dari sampah usai deklarasi pasangan ‘2DM’. Para relawan kebersihan yang terdiri dari simpatisan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi, tampak membersihkan tempat deklarasi segera setelah acara selesai.
Salah seorang relawan ‘2DM’, Dede (40) mengatakan ia bersama 39 orang yang lain bertugas membersihkan sampah. Bukan hanya di Sabuga dan sekitarnya, sepanjang rute pawai seni dan area KPU Jawa Barat termasuk ke dalam tugasnya hari ini, Selasa (9/1).
“Kita dari Purwakarta dan beberapa daerah lain. Tugas kita ya ini, membersihkan Sabuga, rute pawai dan Gedung KPU Jawa Barat,” ujarnya di sisi timur Sabuga.
Berdasarkan pantauan, relawan tersebut terlihat membersihkan area dalam Gedung Sabuga, area luar, hingga sela-sela setiap kursi. Mereka membawa alat kebersihan dan tempat sampah sendiri dari daerah masing-masing.
“Alat bawa sendiri, karena kalau mendadak susah kan. Jadi, kita persiapkan,” tandasnya.
Tak Mau Bebani Tuan Rumah
Sementara itu, bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan langkah relawannya tersebut merupakan komitmen menjaga lingkungan. Ia mengaku sudah memberikan instruksi, tidak ada satu pun sampah yang tercecer pasca deklarasi dan pendaftaran ke KPU Jawa Barat.
“Kita ingin berbuat baik dimanapun. Kami harus memastikan tidak ada sampah yang tercecer,” ujar Dedi di Kantor KPU Jawa Barat.
Ia pun memiliki alasan ihwal perintah membawa alat kebersihan sendiri. Kata dia, pasangan ‘2DM’ tidak ingin merepotkan tuan rumah. Karena itu, seluruh piranti untuk membersihkan sampah dibawa dari rumah masing-masing.
“Kami tidak ingin membebani tuan rumah. Jadi, bawa alat sendiri. Tamu itu sudah seharusnya membawa kebahagiaan, bukan kesusahan,” tegasnya.
Selain membawa alat kebersihan, relawan kebersihan ‘2DM’ juga tampak memakai atribut khas. Atribut tersebut terdiri dari kaos hitam bergambar ‘DM’ dan ikat kepala khas Sunda.
Usai proses pendaftaran selesai dan halaman serta sekitar Gedung KPU Jawa Barat bersih, mereka tampak membubarkan diri. (*)

1,354 total views, 1 views today