Mempersiapkan Diri Menuju Smart City, IPDN Laksanakan Seminar Nasional tentang Teknologi Informasi

 

photostudio_1512558880261Jatinangor,eljabar.com — Rabu, 6 Desember 2017 bertempat di Ruang Makan VVIP Kampus IPDN Jatinangor, dilaksanakan Seminar Nasional dengan tema “ Menuju Smart Goverment Melalui Pengembangan Teknologi Informasi di Bidang Pemerintahan bagi PrajaEnglish Based Class Tahun 2017 “. Seminar yang diselenggarakan atas dasar kerjasama dari pusat laboratorium bahasa IPDN dengan LKP Tulip. Pembicara dalam seminar ini yakni Kepala BPPKI (Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika), Kepala Bidang Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bandung, Dr. MD Enjat Munajad, M.TI dan Dr. Agus Harahap. Seminar ini juga diikuti oleh 75 praja kelasenglish based class juga para dosen IPDN. Deputi III IPDN Bidang Administrasi Keprajaan dan Kemahasiswaan, Dr. Hyronimus Rowa, M.Si membuka jalannya acara mewakili Gubernur IPDN.

Kepala Pusat Laboratorium Bahasa Dra. Tuty Chadidjah, M.Si juga selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan memberikan wawasan untuk dosen dan praja IPDN mengenai perkembangan teknologi informasi menujusmart government. Materi yang diangkat dalam seminar ini yakni mengenai kebijakan pengembangan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan, implementasi dan desain pengembangan teknologi menuju smart government di Kota Bandung, dampak dan tantangan teknologi informasi dalam dunia pemerintahan serta desain pengembangan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan melalui penyiapan kurikulum pengajaran dan pelatihan di IPDN. “Seminar seperti ini menjadi kebutuhan. Karena konsep smart governmentatau smart city sedang digalangkan di seluruh aspek pemerintahan di Indonesia. Sekarang ini, hampir semua manajemen kota atau pemerintahan harus berbasis elektronik”, ujar Bapak Hyronimus. Masih dalam sambutannya, Bapak Hyronimus memberikan contoh Lurah teladan yang juga merupakan lulusan IPDN yang menjadi Lurah Teladan se-Indonesia yang mengimplementasikan teknologi (komputerisasi) untuk menjalankan roda pemerintahannya.

“Lurah di Kota Kupang menjadi lurah teladan karena mengimplementasikan teknologi dalam memberikan pelayanan masyarakat. Seperti mengurus surat ijin, surat keterangan dan lain sebagainya itu tinggal masuk di tempat seperti maungambil atm lalu nanti tinggaldi print out. Jadi saya harapkan kita bisa ikut mengimplementasikan perkembangan teknologi ini. Rancang dalam sebuah model nanti praktikan di lapangan. Pelayanan seperti administrasi, kependudukan, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya haruslah berbasis online. Semoga seminar ini bermanfaat untuk kita semua juga untuk pengembangan pemerintahan kedepannya”, ujar Bapak Hyronimus. Seminar ini menjadi sangat penting mengingat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat bahkan ada sebuah qoutes “Siapa yang Memegang Data Informasi, Dia lah yang Memegang Dunia”, ini sangatlah menggambarkan bahwa perkembangan teknologi sangatlah pesat dan kita harus turut serta mengambil peran dalam perkembangan teknologi ini. (A2Q)

Categories: Uncategorized