Medar Munggaran Tahapan Pilkada Sumedang : Partisipasi Pemilih 80% Harus Dipertahankan 

 

photostudio_1513427777662Sumedang,eljabar.com — Partisipasi pemilih sekitar 80% di Kabupaten Sumedang harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Upaya ini diperlukan untuk mendukung target partisipasi pemilih nasional sebesar 77,5%. Hal itu ditegaskan Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Nina Yuningsih saat menyampaikan sambutan pada “Gelar Munggaran Pilkada Kabupetan Sumedang di Grha Asia Plaza, Jl. Mayor Abdurahman No. 225 Sumedang (11/12).

Menurut Nina, rendahnya partisipasi pemilih seperti di Amerika Serikat yang mencapai  55 %, bisa berarti suara yang tidak menggunakan hak pilihnya lebih besar dibanding jumlah suara yang memenangkan presiden. “Ini tidak boleh terjadi di Sumedang,” tegas Nina. Kondisi ini, menurutnya bisa memengaruhi legitimasi pemimpin terpilih.

“Rendahnya partisipasi pemilih, antara lain disebabkan penyelenggara yang kurang maksimal, sosialisasi kurang kreatif, calon yang kurang memberi formulasi, kampanye visi misi dan program yang kurang jelas, serta faktor pemilih yang apatis,” katanya sambil menambahkan bahwa peningkatan partisipasi pemilih harus menjadi PR bersama. Tugas itu, menurut Nina, bukan hanya tangungjawab penyelenggara, tetapi juga parpol, pemerintah, dan masyarakat. “Kerjasama yang baik para pihak bisa mendukung konsep wisata politik, sehingga pesta demokrasi di Sumedang bisa menjadi destinasi wisata,” sebutnya.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat yang membidangi Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat itu, juga menekankan pentingnya netralitas penyelenggara pemilu. “Netralitas adalah harga mutlak jajaran KPU, karena bila tercederai, maka risiko sosial, risiko politik, dan risiko hukum siap menjerat,” pungkas Nina.

Sementara itu, Bupati Sumedang yang diwakili Asisten Sekda menyatakan sukses launching Pilgub Jabar di Sabuga Bandung merupakan awal yang baik untuk sukses pilgub dan pilkada di Kabupaten Sumedang 2018. “Sukses diraih dengan profesionalisme dan integritas, serta dukungan semua pihak khususnya terkait anggaran, logistik, sarana prasarana, SDM, dan pengamanan,” katanya.

photostudio_1513427808637

Pada kesempatan itu, Kapolres dan Dandim 0610 Sumedang menyampaikan sambutan seputar keamanan serta netralitas Polri dan TNI. Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Hersa Santosa menyatakan kesiapan sebagai penyelenggara pemilu. “Kami sudah melakukan sosialisasi, termasuk bagi pemilih pemula, terutama untuk mewujudkan pemilu yang menyenangkan,” katanya sambil mempersilakan panwaslu dan tim pemantau mengawal proses tersebut.

Kegiatan Medar Munggaran Pilkada Kabupaten Sumedang 2018 dihadiri Asisten Sekda yang mewakili Bupati, perwakilan Panwaslu, Kapolres, Dandim 0610, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, pimpinan dan angota DPRD, pimpinan parpol dan ormas, serta anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Sumedang. (*** red)

Categories: Uncategorized