200 Ketua RT dan RW Ikuti Peningkatan Kapasitas RT dan RW se-Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan membuka secara resmi kegiatan Peningkatan Kapasitas RT dan RW Wilayah I Se-Kabupaten Sumedang Tahun 2017 di Gedung Korpri Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara, Kamis (11/12/2017). Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini diikuti 200 orang peserta yang terdiri dari para ketua RT dan RW di wilayah I yaitu Kecamatan Sumedang utara, Sumedang Selatan, Situraja, Ganeas dan Cisarua.

Bertindak sebagai Kepala BAPPPPEDA Kabupaten Sumedang Drs. H. Sanusi Mawi, Kepala DPMD Kabupaten Sumedang H. Teddy Mulyono, S. H., M. Si dan Direktur Bank Sumedang Yanti Krisyana Dewi, SE.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang H. Teddy Mulyono, SH., M.Si selaku ketua pelaksana melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas lembaga kemasyarakatan tingkat RT /RW sebagai mitra pemerintah desa dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan peningkatan kapasitas RT dan RW ini dilaksanakan di 5 wilayah, dimana disetiap wilayah terdiri dari 5 kecamatan dengan menggunakan dana yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2017.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sumedang H. Eka setiawan dalam arahannya menyampaikan bahwa RT dan RW mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintah daerah karena RT dan RW merupakan garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Keberhasilan Sumedang salah satunya tergantung dari kontribusi para ketua RT dan RW sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan daerah. disatu sisi sebagai penyalur kebijakan pemerintah dan disisi lain RT dan RW mempunyai peran sebagai penyalur aspirasi masyarakat, Keduanya itu harus nyambung. Oleh karena itu, seluruh ketua RT dan RW harus mengetahui, memahami dan dapat mensosialisasikan berbagai program yang dilaksanakan pemerintah, khususnya pemerintah kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Terkait dengan penyelenggaraan kegiatan, bupati mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai upaya peningkatan kapasitas dalam mewujudkan pemerintahan yang kuat serta mendorong percepatan pembangunan.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat memberikan output yang positif terutama dalam rangka meningkatkan kapasitas ketua RT dan RW dalam membantu kelancaran tugas-tugasnya dalam mewujudkan pemerintahan yang kuat serta mendorong percepatan pembangunan,” pungkasnya. (Abas,Arip)

Categories: Uncategorized