Peningkatan Kapasitas RT dan RW  serta Pengukuhan Satlinmas wilayah III

photostudio_1513685497492SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka pembinaan dan peningkatan kapasitas kelembagaan sumber daya manusia, khususnya Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menginisiasi kegiatan sosialisasi Peningkatan Kapasitas RT dan RW Se-Kabupaten Sumedang Tahun Anggaran 2017.

Pada kegiatan dengan tujuan membentuk serta semakin memantapkan  lembaga kemasyarakatan hari ini, dilaksanakan di 5 (lima) titik wilayah Kecamatan yang termasuk ke dalam wilayah III, yaitu Kecamatan Daramaraja, Wado, Jatinunggal, Cibugeul dan Cisitu dengan dipilih tempat penyelenggaraan kegiatan yakni Gor Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja, Selasa (19/12).

Dari 5 (lima) Kecamatan yang dihadiri oleh perwakilan Ketua RT 20 orang, Ketua RW 20 orang dari tiap-tiap Kecamatan, sehingga jumlah total yang hadir sebanyak 200 orang. Tampak  hadir Kepala Bappppeda, Drs. H. Sanusi Mawi, Camat Darmaraja, Drs. Agus Kori Hidayat,M.Si, Camat Wado, Drs. Taufik Hidayat Slamet,M.Si, jajaran Dinas PMD, Forkopimka serta staff Bank Sumedang.

Kepala Bappppeda, Drs. H. Sanusi Mawi selaku Ketua Asosiasi RT dan RW Indonesia menyampaikan peran RT dan RW sangat penting membantu kelancaran pembangunan Kabupaten, Provinsi bahkan Pusat. “Fungsi RT dan RW merupakan Organisasi Masyarakat sebagai mitra Pemerintah yang perannya membantu perangkat Desa dalam hal pelayanan, pemberdayaan, kelancaran dan kemajuan Pembangunan Daerah”,ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan saat memberikan arahan mengatakan, Ketua RT dan RW merupakan Garda terdepan dari Pemerintah yang memiliki fungsi sebagai penyampai kebijakan-kebijakan Pemerintah Desa, Daerah, Provinsi maupun Nasional dan sebagai penerima aspirasi dari masyarakat. “Maju dan tidaknya suatu Desa tergantung dari Ketua RT dan RW, karena RT dan RW merupakan orang terdekat dengan masyarakat sama halnya dengam Camat melayani masyarakat hanya beda wilayah saja”, terang Eka.

Masih dalam hari yang sama, Bupati Eka juga mengukuhkan sebanyak 710 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Darmaraja, Wado, Jatinunggal, Cibugeul dan Kecamatan Cisitu di Gor Desa Darmaraja. Jumlah keseluruhan anggota satlinmas Se-Kabupaten Sumedang yang dikukuhkan sebanyak 4.274 orang anggota. Selepas melakukan pengukuhan, dituturkan Bupati bahwa Linmas merupakan pasukan terdepan di Pemerintahan Daerah yang mempunyai tugas pokok untuk membantu aparatur Daerah dalam memelihara, mencegah dan menanggulangi gangguan kamtibnas.

“Jadi Linmas itu panggilan jiwa, kebanggaan tersendiri, akan tetapi semoga kedepannya bisa lebih cukup insentifnya. Karena satlinmas bisa bermanfaat untuk masyarakat, melindungi masyarakat serta peran sertanya bisa membawa Kabupaten Sumedang semakin aman, nyaman dan maju”, pungkasnya. (Abas,Arip)

Categories: Uncategorized