Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, Basarnas Jabar Peringatkan Calon Wisatawan

photostudio_1513756969430SUMEDANG, eljabar.com – Kepala Basarnas Jawa Barat S. Riyadi mengatakan provinsi Jawa Barat termasuk daerah rawan bencana, hampir seluruh kabupaten / kota di Jawa Barat berpontesi bencana, yakni, Banjir, longsor, Gempa, kendati demikian masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, Sebut S. Riyadi kepada sejumlah wartawan usai sosialisasi peraturan perundang undangan tentang badan nasional pencarian dan pertolongan kepada potensi SAR Se- Jawa Barat. di Kantor SAR Bandung, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Rabu (20/12/2017).

Menurut S. Riyadi, sejumlah posko Basarnas telah dipersiapkan untuk menyambut Natal dan tahun baru 2018, diantaranya , posko utamanya di Kantor SAR Bandung Jl. Bandung – Garut, Nagreg, Cipali di KM 102 dan KM 104, Pangandaran, dan di Tasikmalaya, yang nantinya ada tim mobile untuk mengevakuasi dari kejadian musibah atau kecelakaan.

Disetiap Posko, lanjut S. Riyadi, kami menempatkan satu tim SAR di Pangandaran, Cipatuah, Santolo, dan untuk di Utara nya di handle sama pos SAR Cirebon, dan semua posko ini akan kami mulai dari (20/12/2017) hingga (07/01/2018).

Setiap posko akan kami siapkan 10 personel yang lengkap dengan peralatan, untuk dii posko Cipali nantinya ada Rescue truk, yang diperuntukan untuk memberikan pertolongan kepada kendaraan yang mengalami kecelakaan dan untuk di Pantai kami persiapkan peralatan air.

Ditmbahkan S. Riyadi, saya menghimbau kepada masyarakat yang hendak berlibur terutama yang akan berlibur di pantai agar selalu berhati hati, karena cuaca sekarang sangat ekstrim, jadi harus mengikuti semua peraturan yang ada di sekitar pantai, “ kalau disitu ada tulisan tidak boleh berenang, atau mandi ya janganlah berenang ditempat itu, dan kalau di pegunungan, saya mengimbau kepada para pendaki untuk tetap waspada dan selalu berkoordinasi kepada aparat setempat, tapi kalau yang sifatnya tidak penting  jangan dulu lah, tetapi kan kami tidak bisa melarang untuk berekreasi, kendati demikian, lanjut S. Riadi , masyarakat untuk selalu berhati hati yang memang cuacanya seperti ini. Tegasnya. ( Kiki Andriana / Abas )

Categories: Uncategorized