Ketua DPRD Jabar : Pilgub Jangan Menyeramkan

 

photostudio_1513822801698Bandung,eljabar.com —  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 diharapkan berjalan aman, lancar, nyaman, dan tidak menyeramkan. Pilkada juga harus merefleksikan ruh Jawa Barat, yakni tradisi silih asah, silih asih, dan silih asuh. Hal itu dikemukakan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos., saat menjadi pemateri pada acara Bintek Terpadu Pemutakhiran Data Pemilih untuk KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Panwas Kabupaten/Kota, PPK dan Panwascam se-Jawa Barat di Hotel Harris, Jl. Peta Bandung (20/12).

Menurut Ineu, tidak mudah menyelenggarakan pemilu dengan lancar, demokratis dan memenuhi harapan masyarakat. Untuk mewujudkan pemilu seperti itu, harus ditopang kerjasama yang baik antara pemerintah, DPRD, parpol, dan masyarakat. “Namun yang paling penting dari itu semua adalah bahwa sukses pemilu sangat bergantung kepada komitmen PPK dan PPS,” katanya sambil menambahkan, PPK dan PPS merupakan ujung tombak penyelenggara pemilu.

Ineu juga mengingatkan sukses Pilgub 2013 harus menjadi tolok ukur. Meski para paslon sempat berperkara ke MK, semuanya kembali normal setelah putusan keluar. Semua sepakat membangun Jawa Barat bersama-sama. Tidak ada ketegangan politik dan perpecahan karena semuanya memiliki visi, misi, dan harapan yang sama. “Sekarang pun suasana itu masih terasa. Saya bersama-sama Gubernur, KPU dan Bawaslu Jawa Barat tetap bersatu membangun Jawa Barat,” ungkap Ineu.

Terkait partisipasi pemilih, Ketua DPRD perempuan pertama di Indonesia itu mengingatkan pentingnya sosialisasi untuk masyarakat pinggiran. “Harus ada kerjasama pembelajaran kepada pemilih serta penguatan netralitas dan profesionalisme penyelenggara pemilu,” katanya mengakhiri penyampaian materi.*** ask

Categories: Uncategorized