Maruarar Sirait : Elektabilitas Jokowi – JK Melesat Naik

 diambil saat Anggota DPR RI Komisi XI F-PDIP, Maruarar Sirait menggelar pagelaran seni dan budaya Sunda, di Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kab.Sumedang,  Kamis (21/12/2017). eljabar.com : Kiki Andriana/ Abas
diambil saat Anggota DPR RI Komisi XI F-PDIP, Maruarar Sirait menggelar pagelaran seni dan budaya Sunda, di Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kab.Sumedang,  Kamis (21/12/2017).
eljabar.com : Kiki Andriana/ Abas

SUMEDANG, eljabar.com – Anggota DPR RI Komisi XI Maruarar Sirait mengatakan elektabilitas Jokowi – Jusuf Kala memang melesat naik sesuai dengan kenyataan di lapangan, menurutnya, kesenjangan di masyarakat diakuinya masih ada namun Presiden Joko Widodo menjawab bukan dengan Terorisme dan radikalisme, tetapi dengan solusi pemerataan kesenjangan.

” Pemerataan kesenjangan ada empat mulai dari Kartu Indonesia pintar, Kartu Indonesia sehat, distribusi sertifikat tanah, anggaran desa yang luar biasa, Jusuf Kalla dan Jokowi diberi kesempatan untuk memimpin oleh masyarakat. Seorang incomben bisa dilihat apa sih yang dilakukan, dan untuk masalah ekonomi sudah terjawab,” Ujar Maruarar Sirait kepada sejumlah wartawan usai  menggelar pagelaran seni dan budaya Sunda, di Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor, Kab.Sumedang,  Jawa Barat, Kamis (21/12/2017).

Dijelaskan Maruarar, bukti lainnya terlihat dari makin stabilnya bidang Politik, seperti pemilihan Kapolri, panglima TNI, BIN, APBN dan perubahan Perpu ormas semua berjalan dengan baik, ” Kita lihat politik yang semakin stabil ini, artinya secara garis politik itu adalah fakta Jokowi JK juga didukung mayoritas parlemen di Indonesia,” Ucapnya.

Muarar menegaskan, berbeda seperti tahun 2014 lalu ketika masih ada KIA dan KMP secara jelas bahwa pemenang ketua MPR dan DPR itu dari KMP, Namun kondisi politik, selama tiga tahun terakhir ini berubah partai partai yang mendukung Jokowi seperti Golkar, Nasdem Hanura dan PPP telah menyampaikan dukungan.“ Bebernya.

Politisi PDIP Perjuangan ini mengatakan, PDIP sendiri pada 10 Januari 2018 mendatang  akan melakukan rakernas, ” Ibu Megawati, selaku ketua umum yang memegang hak prerogratif akan menyampaikan siapa yang akan di dukung. Tentu akan kita tunggu nanti yang akan dibuka secara umum kepada publik,” Tandasnya.

Seperti yang dilansir Center For Strategic and Internasional Studios (CSIS) mengenai survei kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi – JK beberapa waktu lalu dan Elektabilitas Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengalami kenaikan dari tahun lalu.

Peneliti Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS Arya Fernandes mengatakan, elektabilitas Jokowi mengalami kenaikan signifikan dari tahun ke tahun. Pada 2015, elektabilitas Jokowi sekitar 36,1 persen. Menurutnya masyarakat puas dengan kinerja pemerintah terutama di sektor pembangunan, pembangunan infrastruktur sangat diapresiasi masyarakat.

Rival Jokowi, Prabowo Subianto, tak memiliki kenaikan berarti. Pada 2015, elektabilitas Prabowo berada di angka 28 persen. Angka ini kemudian turun pada 2016 menjadi 24,3 persen. Pada 2017, Prabowo harus puas dengan angka 25,8 persen, Ada banyak pilihan nama yang dimunculkan CSIS untuk menjadi calon presiden. Namun, tujuh nama lainnya mendapatkan dukungan tak lebih dari lima persen, Ada banyak pilihan nama yang dimunculkan CSIS untuk menjadi calon presiden. Namun, tujuh nama lainnya mendapatkan dukungan tak lebih dari lima persen. (*)

Categories: Uncategorized