Ratusan Pelajar Dapatkan Santunan dari DWP Kab. Sumedang

DWP Kab. Sumedang memberikan santunan pendidikan kepada ratusan pelajar SD, SMP dan SMA. (Foto. Humas Pemkab Sumedang)
DWP Kab. Sumedang memberikan santunan pendidikan kepada ratusan pelajar SD, SMP dan SMA. (Foto. Humas Pemkab Sumedang)

SUMEDANG, eljabar.com — Ratusan pelajar yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA mendapatkan santunan pendidikan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Sumedang. Santunan tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun DWP Tingkat Kab. Sumedang Ke-18 yang diselenggarakan di Gedung Negara, Kamis (21/12/2017).

Dana santunan penidikan tersebut berasal dari penasehat DWP Se- Kab. Sumedang dan diberikan kepada para siswa yang merupakan putra/putri anggota DWP Golongan I dan Golongan II.

Kegiatan puncak HUT DWP dihadiri oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, Unsur Forkopimda, Sekda Kab. Sumedang, H. Zaenal alimin, MM, Ketua TP. PKK Kab. Sumedang, Hj. Hanne Eka Setiawan, unsur SKPD, para camat, ketua GOW Se-Kab. Sumedang, serta tamu undangan lainnya.

Dikatakan Hj. Lilis Endah selaku ketrua panitia, peringatan hari lahir DWP  diperingati sdetiap tanggal 7 Desember. Menurut Lilis Endah, dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya, DWP Kab. Sumedang telah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan, seperti donor darah, ziarah ke makam taman pahlawan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebgai sarana silaturahmi untuk memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap organisasi serta sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program-program pemerintah,”kata Lilis.

Dikatakan Ketua Umum DWP Pusat, Ny. Wien Ritola Tasmaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh ketua DWP Kab. Sumedang, Hj Ani Gestapaini S.Km, M.Ap sebagai organisasi masyarakat  perempuan yang besar di Indonesia, DWP berkewajiban untuk mengambil peran strategis dan aktif dalam melaksanakan pembangunan Nasional. Menurutnya, perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas seperti pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

Tema HUT DWP Ke-18 adalah “Pengembangan Kualitas Isteri ASN Menuju Ketahanan Keluarga”. Menurutnya, dengan tema tersebut, hendaknya  anggota DWP dan kaum perempuan terus mengembangkan kualitas diri dan selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat.

Disampaikan lebih lanjut olehnya, kontribusi DWP  dalam menyelesaikan masalah bangsa telah masuk dalam program prioritas yang telah ditetapkan oleh para pimpinan beserta anggota DWP. “Kita bisa berkontribusi dalam membangun bangsa misalnya dengan melakukan pembinan pendidikan keluarga dilingkungan DWP dan masyarakat, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif dan juga mengimplementasikan program Germas,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan sebagai istri PNS, peran anggota dharma wanita sangat strategis. Pasalnya, mereka (para anggota DWP) dituntut berperan dalam pembangunan dan mendukung keberhasilan program pemerintah.

“Mudah-mudahan, dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-18 ini, anggota dharma wanita akan terus mendorong tugas-tugas suaminya sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah yang lebih profesional, berkompeten dan berintegritas tinggi,”kata Eka.

Disampaikan Eka lebih lanjut, dalam keluarga, para anggota DWP juga dituntut untuk menjadi seorang istri yang mampu menjadi pendamping dan mendukung keberhasilan suami.

“Semoga, ibu-ibu DWP bisa selalu membimbing dan mengawasi putra/putrinya dalam mengikuti perkembangan zaman. Mudah-mudahan, para anggota DWP tetep bersemangat dan mampu memberikan yang terbaik untuk suami, anak-anak dan Sumedang,”kata Eka diakhir sambutannya. (Abas,Arip)

Categories: Uncategorized