IPDN Kedatangan Tamu Kehormatan dari Negeri Jiran

 

Sumedang,eljabar.com — Kamis, 21 Desember 2017 bertempat di Ruang Makan VVIP Kampus IPDN rombongan tamu kehormatan dari Negeri Jiran Malaysia hadir. Kedatangan tamu yang berjumlah 13 orang ini dilakukan dalam rangkaian acara kunjungan kerja delegasi dari International Institut of Public Policy and Management (INPUMA) Malaysia dan Universitas Malaya Malaysia. Hadir menjadi ketua rombongan dari pihak Malaysia yakniExecutive Director of INPUMA Malaysia yakni Prof. Madya Khadijah Khalid. Pihak IPDN Jatinangor sendiri mewakilkan Prof. Dr. H. Khasan Effendi, M.Pd selaku Pembantu Rektor Bidang Akademik untuk mewakili Rektor IPDN dalam menyambut tamu kehormatan ini. Selain Beliau, hadir pada kesempatan kali ini pun Dekan Fakultas Politik Pemerintahan dan juga Dekan Fakultas Manajemen Politik yang didampingi oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Kajian Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si beserta Kepala Bagian Umum serta beberapa jajaran guru besar dan profesor yang berada di lingkungan IPDN.

Pada kunjungan kerja tersebut, Ybhg. Tan Sri Dato Seri Dr. Sulaiman Mahbob selaku Adjunct ProfessorINPUMA memberikan presentasi tentang “Public Policy and Governance: The Malaysian Experience”. Presentasi dengan judul “The Faculty of Law UM and Opportunities”, disampaikan oleh Ybhg. Assoc. Prof. Dr. Johan Shamsuddin Bin Sabaruddin selaku Dekan Fakultas Ilmu Hukum, Universitas Malaya. Sebelum memulai presentasinya para tamu dijamu dengan makanan khas sunda dan juga iringan musik sunda, hal ini untuk memperkenalkan musik dan makanan daerah kepada tamu Malaysia. “Kami ucapkan selamat datang kepada rekan-rekan dari Malaysia di Kampus Pelopor Revolusi Mental IPDN Jatinangor. Ini kampus pusat IPDN, total kampus IPDN sendiri ada 9 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika Bapak dan Ibu dapat melihat gunung diluar sana,nah kampus kami sampai dibawah kaki gunung tersebut”, ujar Prof. Dr. H. Khasan Effendi, M.Pd memulai sambutannya. Pada kesempatan kali ini pun, beliau memaparkan beberapa informasi terkait IPDN, seperti fakultas dan program studi yang dimiliki IPDN, jumlah guru besar, dosen dan praja yang ada di IPDN dan lain sebagainya. “Saya, dititipkan pesan oleh Pak Rektor bahwa jika memungkinkan kami akan melakukan kunjungan balasan ke Malaysia pada awal tahun ini. Pak Rektor juga berpesan untuk dapat melakukan kerjasama atau MoU terbaru dengan INPUMA atau Universitas Malaya demi kemajuan dalam bidang pendidikan”, ujar Prof. Khasan.

Prof. Madya Khadijah Khalid selaku ketua rombongan dari INPUMA dan Universitas Malaya mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang besar kepada IPDN atas penerimaan yang sangat baik. “Terima kasih telah menyambut kami. Saya mohon maaf dikarenakan keterbatasan waktu kami, sehingga kami baru sempat hadir disini ketika pelajar sudah libur. Padahal kami ingin sekali untuk melihat secara langsung pelajar-pelajar (praja) disini”, ujar Beliau. Suasana pun terlihat semakin akrab tak kala Focus Group Discussion (FGD) antara delegasi IPDN Jatinangor dan delegasi INPUMA Malaysia mengenai pembahasan peluang kerjasama antara IPDN dan INPUMA melalui program Indonesia – MalaysiaAcademic Network (IMAN) dilakukan seusai sesi presentasi. (A2Q)

Categories: Uncategorized