Polres Sumedang Akan Tindak Tegas Kepada Truk yang Beroperasi

SUMEDANG, eljabar.com  –  jelang perayaan hari raya Natal 2017, Kementerian Perhubungan membatasi perlintasan bagi angkutan barang (truk) di sejumlah ruas tol, hal tersebut sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan Mulai Jumat (22/12/2017) dini hari pukul 00.00 WIB.

Pantauan kami di wilayah Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang terpantau adanya kendaraan truk yang hilir mudik dari arah Bandung menuju Sumedang maupun arah sebaliknya hingga pukul 00.10 WIB.

Kasatlantas Polres Sumedang, AKP Erwan Dwiyanto mengakui masih banyak kendaraan yang berjalan namun pihaknya telah menghimbau kepada para pengendara truk terutama yang melewati jalur Sumedang agar menghentikan perjalanan hingga batas waktu yang ditentukan.

“Kendaraan truk mulai dini hari ini, sampai 23 Desember besok tidak boleh beroperasi, ” Kebanyakan yang hari ini beroperasi itu tidak tahu informasi dan juga muatannya kosong, mereka tujuannya ke pool masing – masing,” ucap Erwan di Posko Jatinangor, Jumat (22/12/2017) petang.

Erwan mengatakaan, apabila pada Sabtu besok masih terlihat ada truk yang beroperasi akan dilakukan sangsi penilangan, “Tentu besok kalau masih beroperasi, akan kita tilang.“ Tutur Erwan

Selanjutnya, Erwan menjelaskan terkait puncak kemacetan di wilayah Sumedang, pihaknya mengatakan arus lalu lintas memang terlihat padat mulai dari pukul 13.00 WIB siang hingga pukul 19.00 WIB.

” Tadi sempat padat sejak pukul siang tadi karena buntut antrean tol mulai dari arah Bandung sampai Sumedang dan kita memprediksi puncak kepadatan hari ini dan saat malam tahun baru,” imbuhnya.

Ditambahkannya, titik rawan macet di wilayah Sumedang ada tiga yaitu Tanjung Sari, Jatinangor, dan jalur Kahatex.

“Nanti cara bertindaknya kita buat pengalihan arus dan one way sepenggal. Seperti kemacetan di jalur Kahatex, kendaraan kita alihkan ke Parakan Muncang dan Pamulihan sedangkan di Jatinangor bila macet maka akan kita berlakukan one way,” imbuhnya.

Erwan menegaskan, kepada para pengendara yang hendak berlibur maupun ingin merayakan tahun baru untuk tetap tertib berlalu lintas, Jangan terlalu cepat dalam memacu kendaraan, apalagi jalur Sumedang ini banyak kendaraan besar melintas,” Sebutnya (*)

Categories: Uncategorized