Sistem Informasi Izin Cetak "SI ICE" di Resmikan Bupati Sumedang

photostudio_1514462457199Sumedang,eljabar.com — Terhitung mulai bulan depan tepatnya hari Selasa tanggal 2 Januari 2018 mendatang, seluruh masyarakat baik perorangan maupun  Badan Usaha di wilayah Kabupaten Sumedang sudah bisa melakukan pencetakan dokumen izin secara mandiri.

Hal tersebut bisa dilakukan setelah pada hari ini, Kamis, (28/12/2017), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Sumedang menggelar acara Launching Sistem Informasi Izin Cetak (SI ICE) Mandiri yang diresmikan Bupati Sumedang H. Eka Setiawan dengan menggunakan tempat di sekitar Halaman Gedung Negara Sumedang.

Kepala DPMPTSP Kab. Sumedang H. Ade Setiawan ketika menyampaikan laporannya di hadapan Bupati bersama tamu undangan yang hadir saat itu seperti Ketua DPP Asprumnas Arif Suryohandoko, unsur perwakilan dari Kemendagri, Kominfo, KPK dan lainnya, dijelaskan Ade bahwa aplikasi bernama SI ICE MANDIRI hadir di Sumedang adalah untuk meyikapi terbitnya Peraturan Presiden RI Nomor 91 tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha, dimana di tingkat daerah (Sumedang) ditindaklanjuti oleh penerbitan Peraturan Bupati Sumedang Nomor 91 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu sistem elektronik izin cetak mandiri di lingkungan Pemerintah Kab. Sumedang

“Selanjutnya, diikuti pula oleh penerbitan Peraturan Bupati Sumedang Nomor 92 tahun 2017 tentang pendelegasian kewenangan di bidang perizinan dan non perizinan dari Bupati kepada Kepala Dinas PMPTSP dalam penyelenggaraan PTSP sistem elektronik izin cetak mandiri, sehingga layanan ini sudah bisa kita launching saat ini,” ujarnya.

Adapun tujuan dari dikembangkannya aplikasi SI ICE MANDIRI, lanjut Ade, adalah untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan kepastian penyelenggaraan PTSP kepada masyarakat pemohon izin dan/atau pemilik izin dan pelaku usaha.

“Melalui aplikasi ini juga diharapkan dapat mengembangkan alat kendali penyelenggaan PTSP bagi perangkat daerah sebagai penyelenggara PTSP yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan sinergitas penyelenggaraan PTSP bagi seluruh perangkat daerah dan meingkatkan keterbukaan informasi berikut akses penyelenggaraan PTSP bagi perangkat daerah sebagai penyelenggara PTSP, masyarakat pemohon izin dan/atau pemilik izin serta pemilik usaha,” terang Ade.

Sementara itu, sesaat sebelum melakukan launching aplikasi secara resmi, dikatakan Bupati Sumedang H. Eka Setiawan bahwa dengan hadirnya aplikasi SI ICE MANDIRI di Kab. Sumedang akan semakin memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan izin. “Semua perizinan bisa dipenuhi asal tentunya segala persyaratannya dipenuhi terlebih dahulu, dan dengan aplikasi ini juga para pemohon (izin) diharuskan transaksi secara online, yang meminimalisir kontak antara pemohon dengan petugas,”ujarnya.

Mudah mudahan dengan diberlakukannya pelayanan ini masyarakat Sumedang maupun masyarakat luar (Sumedang) bisa dilayani secepatnya dengan biaya sesuai aturan. Semoga masyarakat puas, dan ini sebagai kado akhir tahun dari Pemkab Sumedang,” imbuhnya.

Namun demikian, diungkapkan Eka, dengan adanya perubahan pelayanan perizinan yang semula dilaksanakan secara manual dengan setumpuk berkas beralih ke pelayanan perizinan elektronik, tentunya akan dihadapkan pada beberapa kendala kesiapan terutama terkait SDM penyelenggara maupun masyarakat (pemohon).

Menanggapi hal tersebut, saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas PMPTSP H. Ade Setiawan menuturkan, bahwa dapat dipastikan dirinya bersama seluruh aparatur penyelenngara perizinan telah siap melaksanakan aplikasi SI ICE MANDIRI.

“Insha Allah aspek SDM penyelenggara sudah siap, tinggal kita akan secara intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hadirnya aplikasi ini, yang rencananya di Bulan Januari 2018 mendatang kita akan melakukan sosialisasi dan dilakukan pada saat penyelenggaraan program Minggon di tiap kecamatan yang ada di lingkungan Pemkab Sumedang,” tukasnya.

Acara launching saat itu pun diisi oleh simulasi pelayanan SI ICE MANDIRI serta penandatanganan komitmen antara Bupati Sumedang dengan Kepala Dinas PMPTSP terkait pelaksanaan SI ICE MANDIRI dan ditutup dengan prosesi pengguntingan pita pada kantor PTSP oleh Bupati.(Abas/Arip)

Categories: Uncategorized