Boneka Sukajadi: Industri Rumahan, Omzet Pabrikan

BANDUNG, eljabar.com — Kawasan Sukamulya tepatnya di Kecamatan Sukajadi dikenal sebagai salah satu sentra boneka di Kota Bandung. Di sentra boneka Sukajadi, bisa ditemukan beraneka jenis boneka, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang super besar.

Dengan harga yang terjangkau, setiap boneka dibandrol dengan harga yang berbeda, dimulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah siap dibawa pulang pembeli.

Salah seorang pemilik toko sekaligus pengrajin, Eva menuturkan, dalam sehari tempatnya mampu memproduksi 250-1.000 boneka. Bentuk boneka produksinya tergantung  tergantung pemesan. Dalam sebulan, Eva mengaku dapat meraih omzet hingga Rp 250 juta.

Boneka Sukajadi Industri Rumahan, Omzet Pabrikan02Untuk memenuhi pesanan, Eva memperkerjakan 22 orang. Namun ia mengakui, jika jumlah tersebut masih kurang untuk bisa memenuhi semua pesanan yang terus bertambah. Sebagai contoh, ada pesanan dari salah satu toko mainan anak-anak sebanyak 11 ribu boneka dan harus selesai dalam waktu sebulan.  Mensiasati hal tersebut, Eva terpaksa matok target kepada pegawainya untuk mampu membuat boneka sebanyak 4.000 unit dalam sepekan.

“Dengan strategi seperti itu, produksi boneka kami terus berlanjut, jadi tidak hanya fokus kepada 1 orderan saja. Sehingga setiap patokan selesainya pemesanan saya selalu tepat waktu,” ujarnya di rumah sekaligus tempat produksi, PD Motekar Jalan Sukamulya, Rabu (21/2/2018).

Menurut Eva, tempat produksi yang ia bangun dengan suaminya sering mendapatkan orderan dari perusahaan, perbankan, kampus maupun perhotelan.

“Pesanan itu tidak sedikit, minimal 250 boneka. Kami terus kejar target itu demi pesanan sesuai apa yang diinginkan,” tutur Eva.

Agar mampu bersaing, boneka yang diproduksi juga menyesuaikan tren. Tahun ini tren boneka seperti model Tedy Bear, kartun atau binatang.

Meski telah banyak pesanan, Eva tetap berharap, Pemerintah Kota Bandung bisa terus mempromosikan sentra boneka Sukajadi. Sehingga produksi boneka Sukajadi bisa terus berkembang dan meningkat.

“Meskipun pesanan terus berjalan, saya harap promosi industri rumahan boneka di Sukamulya khususnya Kecamatan Sukajadi lebih ditingkatkan agar para pembeli pun berbelanja ataupun memesan kepada kita sebagai pengrajin,” pintanya. **

Categories: Uncategorized

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com