Kapolda Jabar Beberkan Cara Agar Pilkada Berjalan Lancar

SUMEDANG, eljabar.com,– Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto menghadiri Tabligh Akbar dan doa bersama yang digelar di Polres Sumedang di bundaran Sumedang, Kamis (22/2/2018).

Acara dilaksanakan sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta kondusifitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, khususnya di wilayah hukum Polres Sumedang.

Tablig akbar yang diwarnai rintik hujan itu menghadirkan sejumlah ulama ternama seperti, Habib Hamzah Bafaqih, Habib Muhammad Al Bagir bin Ali bin Yahya (pengurus pusat majelis Rosullulloh Jakarta) dan Buya Yahya Zaenul Ma’arif (pengasuh lembaga pengembangan dakwah, Ponpes Al Bahjah Cirebon).

Pada kesempatan itu, Kapolda Jabar menyampaikan, siapa pun yang terpilih dalam Pilkada Serentak, persatuan dan kesatuan harus tetap dijaga.

Dia juga membeberkan cara agar Pilkada Serentak 2018 bisa berjalan lancar, yakni dengan keterlibatan semua unsur. “Insha Allah Pilkada Serentak 2018 di Kab. Sumedang, khususnya Jawa Barat akan berjalan lancar dengan peran semua unsur, seperti tokoh agama, masyarakat dan TNI,” sebutnya.

Salah satu manfaat tablig akbar ini, kata dia, semakin menyejukan hati dan pikiran serta menambah motivasi bagi kepolisian dalam memberikan perlindungan, pengayoman kepada masyarakat, terutama dalam pesta demokrasi yang akan segera tiba.

“Seperti disampaikan Buya Yahya, jangan sampai ada ujaran kebencian, khususnya pada pilkada nanti. Semoga nanti bisa diaplikasikan di kalangan masyarakat Jawa Barat,” tutur Jenderal bintang dua itu.

Ia mengajak masyarakat, termasuk ulama agar bersama-sama mendukung dalam menjaga kamtibas. “Peran ulama sangat penting sekali dalam menyejukan hati masyarakat. Kepada media, saya pun berharap agar menyajikan berita berimbang agar masyarakat makin cerdas,” ungkapnya seraya menandaskan, pengamanan Pilkada Serentak 2018 sudah diploting dan dibantu pihak TNI.

Sementara itu, Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata yang memotori tablig akbar berharap kegiatan seperti ini bisa membawa kedamaian, ketenangan, dan bisa menjaga kerukunan dari awal sampai akhir pilkada nanti.

“Untuk pengamanan pilkada, khususnya di Sumedang, sudah kami intensifkanan. Kegiatan kepolisian yang ditingkatkan juga dilakukan di wilayah-wilayah dengan cara menyambangi masyarakat dan ulama-ulama serta pondok pesantren,” katanya seraya menambahkan bahwa Polres Sumedang juga sudah mengantisipasi kemunculan berita-berita hoax.

Diakui, kunjungan Kapolda Jabar ke Sumedang secara tidak langsung menjadi dorongan moril bagi jajarannya. “Tentunya kehadiran beliau (kapolda) sangat memberikan dorongan motivasi kepada kami untuk lebih giat menjaga kamtibmas,” tutup Hari Brata.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang ulama membentangkan spanduk serta mengatakan bahwa ulama se Kab Sumedang telah menyatakan sikap dan mendukung kinerja kepolisian dalam menjaga kamtibmas pada Pilkada Serentak 2018. (Boni Hermawan)

Categories: Uncategorized

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com