PJs. Bupati Himbau ASN Sumedang Harus Netral

SUMEDANG, eljabar.com — Keharusan akan netralitas para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Sumedang dalam Pilkada Sumedang tahun 2018 saat ini terus didengungkan PJs. Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto.
Seperti halnya saat dirinya memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang diselenggarakan di Gedung Negara, Kamis, (22/2/18), dihadapan seluruh peserta rakor yang terdiri dari para Kepala SKPD/Badan/Kantor/Kecamatan/Kelurahan, netralitas ASN menjadi salah satu poin yang dibahasnya.
“Masuk ke dalam tahun politik seperti saat ini, secara khusus saya ingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sumedang agar mampu menjaga netralitasnya, karena memang netralitas ASN dalam Pilkada, selalu menjadi sorotan,” ujarnya.
Diungkapkan Sumarwan, dalam penugasan dirinya menjadi PJs. Bupati Sumedang pun memiliki beberapa tugas khusus dimana salah satunya adalah harus turut menyukseskan gelaran Pilkada, serta menjaga netralitas para aparaturnya.
“Saya berada di sini (menjadi PJs. Bupati) adalah guna menjamin terselenggaranya roda pemerintahan karena pelayanan kepada masyarakat harus terus berjalan. Kemudian terkait Pilkada, saya juga difungsikan mengawal Pilkada ini sehingga berjalan sukses, dan mengawasi para ASN agar senantiasa menjaga netralitas selaku aparat,” ungkapnya.
Secara garis besar, dijelaskan Sumarwan, ada empat poin yang tak boleh dilakukan oleh ASN guna menjamin netralitasnya, pertama, tidak ikut berdeklarasi, kedua, tidak menggunakan fasilifas negara atau jabatan untuk memfasilitasi Pilkada, ketiga, tidak melakukan pengambilan keputusan dengan maksud memberikan dukungan atau pun menghambat salah seorang calon, dan keempat, tidak melakukan penggalangan massa.
“Untuk itu, pada kesempatan ini kembali saya ingatkan bagi setiap ASN agar mampu menahan diri paling tidak hingga tanggal 27 Juni yang akan datang, sehingga terhindar dari masalah yang disebabkan oleh ketidaknetralan selaku ASN di kemudian hari,” tukasnya. (Abas,Arip)

Categories: Uncategorized

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com