Puluhan Anggota RIKSA Kecamatan Pamulihan Resmi Dilantik

PAMULIHAN,eljabar.com — Upaya mengantisipasi terjadinya bencana, puluhan anggota relawan bencana ‘Riksa’ Kecamatan Pamulihan resmi dilantik.

Pelantikan tersebut bersama dengan kegiatan ‘Rapat Minggon’, Do’a bersama menjelang Pilkada Sumedang, dan pernyataan sikap maraknya berita Hoax.

Ketua Riksa, Yoga Utama mengatakan, terbentuk Relawan tersebut atas dasar kepedulian sejumlah orang terhadap bancana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah pamulihan.

“Melihat karakteristik wilayah pamulihan yang tergolong rawan bancana terutama longsor. Sehingga berinisiatif membentuk sebuah wadah yang peduli terhadap lingkungan,” ujarnya kepada Radar Sumedang seusai dilantik oleh Camat Pamulihan.

Yoga menambahkan, anggota Riksa sendiri merupakan perwakilan dari setiap Desa se-Kecamatab Pamulihan yang akan terus memantau kondisi wilayahnya terutama pada musim hujan sekarang ini.

“Setidaknya dengan adanya kami (RIKSA red) bisa membantu masyarakat ketika terjadi musibah dan kami siap memfollow up ketika dibutuhkan bantuannya,” ucapnya.

Sementara Camat Pamulihan, Harri Tri Santosa mengatakan, keberadaan relawan di Pamulihan sangat dibutuhkan untuk membantu dan mengantisipasi berbagai gangguan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Puluhan anggota Relawan Bancana Riksa Kecamatan Pamulihan saat dilantik oleh camat Pamulihan
Puluhan anggota Relawan Bancana Riksa Kecamatan Pamulihan saat dilantik oleh camat Pamulihan.

“Relawan ini harus menjadi garda terdepan dalam menolong masyarakat dan tidak hanya untuk bencana saja melainkan setiap masyarakat yang membutuhkan harus siap,” ucapnya.

Ia pun berpesan, agar relawan bencana yang sudah terbentuk untuk sigap, kuat dan bisa hadir di saat yang tepat dan tulus tanpa pamrih dalam menjalankan tugasnya.

“Kami berharap melalui relawan Riksa, bisa menjadi wadah yang berguna bagi masyarakat. Bekerja sepenuh hati tanpa pamrih yang hasilnya bermanfaat bagi warga,” ucapnya. (abas)

Categories: Uncategorized