Dari 155 Korban Miras Oplosan Maut di Kab.Bandung, 41 Dinyatakan Tewas

Laporan : Kiki Andriana

Kab.BANDUNG, eljabar.com – Korban tewas akibat miras oplosan di Kabupaten Bandung terus bertambah.

Menurut informasi yang terakhir kami himpun, Selasa (10/4/2018) dari total korban miras 155 orang, sedikitnya 41 Orang meninggal akibat miras oposan maut tersebut.

Korban meninggal dunia akibat keracunan minuman oplosan di kabupaten Bandung mencapai 41 orang.
Korban meninggal dunia akibat keracunan minuman oplosan di kabupaten Bandung mencapai 41 orang.

Dari jumlah 41 tersebut, yakni 31 tewas di RSUD Cicalengka, di RSUD Majalaya sebanyak tiga orang dan di RS AMC Cileunyi sebanyak tujuh orang.

“Di sini (RSUD) Cicalengka, pasien 94 orang dan yang meninggal 31 orang. Kedua, di Rumah Sakit AMC yang meninggal tujuh orang dengan pasien total 21 orang dan di Majalaya sebanyak 26 pasien dan yang meninggal tiga orang,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Achmad Kustijadi, Selasa (10/4/2018).

Achmad menerangkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan sejumlah RS di Kab.Bandung, yakni, RS AMC, RS Majalaya dan RSUD Cicalengka. Termasuk korban yang sudah kritis bisa langsung dirujuk.

Dia mengatakan pihaknya berusaha memberikan pelayanan secara maksimal mungkin. Menurutnya, kebanyakan pasien yang datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi sakit parah,“ Kata dia.

Ia pun menegaskan Pemda dan rumah sakit telah menetapkan kejadian yang ada merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB) situasional. Sehingga pembiayaan perawatan untuk korban ditanggung pemerintah daerah.

“Kita juga melakukan jemput bola kerjasama dengan puskesmas melakukan survei kepada warga yang diduga mengalami sakit akibat miras.“ Kita juga menerjunkan fasilitas lainnya,” paparnya.

Achmad menambahkan korban kmeninggak setelah 30 jam menkonsumsi minuman tersebut, dan semua korban tewas diduga mengalami keracunan karena minuman beralkohol oplosan.  Rata rata keluhan korban pusing, mual dan pandangan kabur dan hilang kesadaran,“ pungkasnya. (*)

Categories: Nasional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com