Desa Cijambu dan Wisata Kampoeng Ciherang

Sumedang,eljabar.com — Desa Cijambu merupakan sebuah desa yang berlokasi di wilayah Kecamatan Tanjungsari. Lokasinya berada di ujung utara wilayah kecamatan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang dan Kecamatan Rancakalong di ketinggian kaki gunung Cijambu, sebelah timur laut Gunung Manglayang. Tidak mengherankan jika hal tersebut menjadikannya sebagai desa terjauh yang berada di Kecamatan Tanjungsari. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar sembilan kilometer.

 

Berdasarkan data Kecamatan Tanjungsari dalam Angka tahun 2014 yang dikeluarkan oleh BPS Kabupaten Sumedang, Desa Cijambu memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swadaya. Secara topografis, wilayah Desa Cijambu memiliki bentang hamparan permukaan tanah berupa perbukitan. Ketinggian lokasi di mana kantor desa berada sekitar 1.193 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, wilayah Desa Cijambu dikelilingi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Kabupaten Subang dan Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong di sebelah utara, Desa Rancakalong dan Desa Pasirbiru (keduanya berlokasi di Kecamatan Rancakalong) di sebelah timur, Desa Sukawangi Kecamatan Pamulihan dan Desa Kadakajaya di sebelah selatan, serta Desa Kadakajaya di sebelah baratnya. Dan secara administratif, Desa Cijambu terbagi ke dalam dua dusun yaitu Dusun Jaganala dan Dusun Pasanggrahan. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak sembilan RW dan 27 RT.

 

Berdasarkan data Kecamatan Tanjungsari dalam Angka tahun 2014, Desa Cijambu memiliki luas wilayah total sebesar 200,9 hektar. Dari luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan seperti sebagai lahan pertanian, pemukiman dan pekarangan serta penggunaan lainnya. Luas lahan yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 158 hektar. Lahan pertanian tersebut terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pertanian basah berupa pesawahan dan lahan pertanian kering berupa ladang, huma dan perkebunan. Luas wilayah total yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 158 hektar yang terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan pertanian kering. Lahan pesawahannya memiliki luas sebesar 91,7 hektar dan lahan ladang/huma seluas 66,3 hektar. Sisanya seluas 42,9 hektar dipergunakan untuk keperluan lainnya seperti lahan pemukiman dan pekarangan, lahan kehutanan dan fasilitas umum.

 

Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cijambu dihuni oleh penduduk sebanyak 3.887 orang. Dengan rincian sebanyak 2.009 jiwa berjenis kelamin laki-laki ditambah 1.878 jiwa berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.288 KK. Kepadatan penduduk Desa Cijambu sebesar 406 jiwa untuk tiap kilometer persegi luas wilayahnya.

 

Berkaitan dengan mata pencahariannya, sebagaimana data yang disajikan oleh Kecamatan Tanjungsari dalam Angka tahun 2014, sebagian besar penduduk Desa Cijambu bekerja di sektor pertanian. Dengan mencakup wilayah ketinggian di kaki Gunung Cijambu, menjadikan wilayah Desa Cijambu sebagai lahan yang subur baik sebagai lahan pesawahan maupun lahan perkebunan. Lahan pesawahan di Desa Cijambu ditunjang dengan sumber air yang bersumber dari mata air pegunungan yang melewati sungai khususnya sungai Ciherang. Begitu juga dengan lahan perkebunan atau ladang yang ditanami berbagai jenis sayur-sayuran. Tidak mengherankan jika penduduk Desa Cijambu umumnya bekerja di sektor ini baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya, bekerja di sektor perdagangan, buruh atau karyawan, dan wiraswasta.

 

Hasil pertanian yang dihasilkan lahan pertanian di Desa Cijambu diantaranya adalah padi dan berbagai jenis palawija seperti jagung, ubi kayu, kacang tanah, dan ubi jalar. Kemudian hasil perkebunannya berupa buah-buahan dari jenis alpukat, dukuh, durian, jambu air, jambu biji, jeruk, sawo, rambutan, sirsak, melinjo, petai, pepaya, pisang, nangka dan mangga. Hasil berupa sayur-sayurannya adalah bawang daun, kentang, kubis, petsai, kacang panjang, cabai, tomat, kangkung, buncis, kacang merah, labu siam dan terung. Untuk sektor perikanannya juga menghasilkan produk berupa ikan mas dan nila. Sementara sektor peternakan berkaitan dengan jenis binatang sapi potong, sapi perah dan domba ditambah ayam kampung dan itik. Tak ketinggalan juga sektor industri rumah tangga yang berkaitan dengan pengolahan makanan dan minuman, pengolahan kayu dan logam, termasuk anyaman.

 

Berkaitan dengan sektor wisata, di Desa Cijambu terdapat wisata air terjun dan wisata alam bumi perkemahan. Kemudian juga pihak Desa Cijambu mengembangkan wisata rumah pohon untuk memperkaya potensi wisata di Desa Cijambu.

 

Wisata yang di jagokan di Desa Cijambu adalah Wisata Kampoeng Ciherang. Wana Wisata Kampoeng Ciherang di Desa Cijambu Kecamatan, Tanjungsari, berdampak terhadap menggeliatnya potensi wilayah tersebut, meskipun akses jalan menuju tempat wisata tersebut sangat memprihatinkan. 

 

Objek wisata alam yang secara resmi dibuka sejak November 2016 tersebut, mampu bersaing dengan tempat-tempat wisata yang ada di Jawa Barat dan wana wisata ini asli Desa cijambu. 

 

Kepala Desa Cijambu, Pipin AM, S. Pdi, mengatakan secara tak langsung keberadaannya membuat perekonomian warga ikut meningkat, katanya.

 

(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang)

Categories: Uncategorized

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com