P2WKSS Di Desa Bongkok,Terwujud Berkat Dukungan Semua Pihak

Sumedang,eljabar.com — Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yang diaplikasikan di Desa Bongkok, telah dapat mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera serta telah meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak melalui peningkatan kedudukan, peran kemampuan kemandirian serta ketahanan mental dan spritual perempuan.

Hal tersebut disampaikan Tedy Mulyono, SH., MH pada saat menyampaikan laporannya pada acara Penilaian Evaluasi Akhir Program P2WKSS Tahun 2018 di Desa Bongkok Kecamatan Paseh, Jum’at (7/9).

Menurut Tedy, hal tersebut dapat terwujud berkat sinergi dari OPD OPD terkait yang ada di Kab. Sumedang. Kecuali itu, Program terpadu P2WKSS di Desa Bongkok juga dapat terlaksana berkat pembinaan yang baik dari tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan serta peran tokoh dan masyarakat.

“Latar belakang dari terselenggaranya program P2WKSS ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada penduduk perempuan untuk mengembangkan potensinya dan juga meningkatkan kualitas hidup agar berperan dalam pembangunan,” ujarnya.

Terkait permasalahan mendasar dalam pembangunan pemberdayaan perempuan, Tedy menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan masih rendahnya partisipasi perempuan dan anak dalam pembangunan, sehingga adanya kesenjangan diantara perempuan dan laki-laki.

“Dalam konteks sosial, kesenjangan ini mencerminkan masih terbatasnya akses sebagian perempuan terhadap beberapa hal seperti akses sebagian besar perempuan terhadap layanan kesehatan yang lebih baik, pendidikan yang lebih tinggi, dan juga keterlibatab dalam kegiatan publik yang lebih luas,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan hadisoemarto dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi serta ucapan selamat datang kepada rombongan Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat yang telah berkunjung di Desa Bongkok Kecamatan Paseh.

“Mudah-mudahan, kunjungan bapak/ibu dapat memberikan masukan-masukan berharga terkait dengan berbagai hambatan maupun kekurangan khususnya dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan kegiatan evaluasi akhir P2WKSS di Kab. Sumedang,” kata Sumarwan.

Terkait dengan Program P2WKSS, Sumarwan menjelaskan bahwa Program terpadu P2WKSS merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi wanita dalam pembangunan khususnya pembangunan di kecamatan atau di desa.

“Pemerintah Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk menjadikan program P2WKSS ini sebagai salah satu program prioritas yang bertujuan mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia,” ujarnya.

Dijelaskan Sumarwan lebih lanjut, Program P2WKSS diharapkan bisa  meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara mandiri dalam berbagai aspek seperti pangan, pendidikan, kesehatab bahkan peningkatan ekonomi kreatif.

“Untuk itu, pada kesempatan ini kami mohon kepada tim evaluasi akhir P2WKSS Provinsi Jawa Barat agar dapat membimbinh dan membina para keluarga binaan di Desa Bongkok ini,” kata Sumarwan diakhir sambutannya.(Abas)

Categories: Uncategorized

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com