Mengawali Program 100 Hari Kerja, Bupati Bersama Ketua PKK Sumedang Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

SUMEDANG, eljabar.com — Memasuki pekan pertama pada 100 hari kerjanya, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini S.Si menghadiri Kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan Muslimat Nahdatul Ulama yang diselenggarakan di Graha Insun Medal Kabupaten Sumedang, Rabu (26/09).

Kegiatan tersebut dihadiri ibu Wakil Bupati Samantha Dewi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Dr. Anna Hernawati Sabana, MKM, Kepala Bidang Kesmas Uyu Wahyudi SKM., MKM, ketua Ormas Muslimat Nahdatul Ulama beserta jajaran, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia dr. Hj. Anna Hernawati Sabana, MKM dalam laporannya menyampaikan, saat ini indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung koroner, ginjal, kanker, diabetes dan lain lain seharusnya sudah teratasi malah semakin meningkat.

“Meningkatnya PTM dapat menurunkan produktivitas SDM bahkan kualitas generasi bangsa. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI secara khusus meningkatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat, hidup sehat guna mewujudkan Indonesia sehat dan pelaksanaan Germas tersebut harus dimulai dari keluarga, karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” ungkapnya.

Masih menurut Anna, Kegiatan Penggerakan Organisasi Muslimat Nadatul Ulama sebagai implementasi Germas Hidup Sehat di Kabupaten Sumedang dilaksanakan berdasarkan instruksi presiden RI no 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat dan Permenkes RI no 39 tahun 2016 tentang penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu mensosialisasikan informasi secara luas kepada masyarakat tentang gerakan masyarakat hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular, serta mendorong masyarakat Sumedang yang lebih sehat,” ujarnya.

Ditambahkan Anna, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 26 September 2018 bertempat di Graha Insun Medal Kabupaten Sumedang dan diikuti oleh 200 peserta.

“Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu senam bersama, makan buah bersama, lomba senam tingkat sekolah menengah pertama, cek kesehatan dan pembagian doorprize dan harapan kami dengan terselenggaranya kegiatan ini seluruh lapisan masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungannya sendiri,” katanya.

Sementara itu Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan sebagaimana disampaikan PLT Dinkes bahwa penyakit tidak menular semakin banyak dan mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kematian akibat Penyakit Tidak Menular.

“Ini semua karena akibat pola hidup sehat kita sendiri yang belum maksimal sehingga penyakit tidak menular tidak menjadi sebuah penyakit yang menimpa masyarakat,” ujar Dony.

Dony menambahkan, upaya seperti ini harus terus ditingkatkan sehingga program Germas Hidup Sehat ini menjadi sebuah langkah yang tepat dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“Kegiatan ini merupakan impian kita untuk meningkatkan indeks kesehatan di Kabupaten Sumedang karena salah satu alat ukur Sumedang ini maju apabila indeks kesehatannya sendiri tinggi,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan Bupati didampingi Ketua TP PKK beserta seluruh peserta lainnya membuka kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan ditandai makan buah bersama. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com