Bupati Sumedang Apresiasi Warga yang Antusias Ikuti Pilkades Serentak di 93 Desa

SUMEDANG, eljabar.com — Masyarakat Sumedang kembali berpesta Demokrasi, kali  ini sebanyak 93 Desa tersebar di 26 Kecamatan se-Kabupaten Sumedang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa secara serentak gelombang kedua, Rabu (17/10/2018).

Sebanyak 269.224 pemilih dengan 224 TPS, serentak melaksanakan pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB, terhadap 348 calon kepala desa.

Bupati Sumedang Apresiasi Warga yang Antusias Ikuti Pilkades Serentak (2)Penyelenggaraan Pilkades ini berdasar  Peraturan Bupati Nomor 113 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 72 tahun 2015 tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian Kepala Desa.

Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir didampingi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Iwa Kuswaeri, Kepala Dinas PMD H.Tedi Mulyono, Ketua Apdesi Sumedang Andreansyah Muhtar, Kasatpol PP H. Asep Sudrajat, dan jajaran Pemerintahan lainnya secara langsung melakukan monitoring terhadap beberapa Desa yang menyelenggarakan Pilkades diantaranya Desa Cigendel, Desa Cimarias, Desa Cijeruk, Desa Mekarbakti di Kecamatan Pamulihan, kemudian Desa Nagarawangi di Kecamatan Rancakalong, dan Desa Baginda, Desa Cipancar, Desa Citengah di Kecamatan Sumedang Utara.

Bupati Sumedang dalam komentarnya menyampaikan dari hasil monitoring ke beberapa lokasi TPS di tiap Desa semuanya berjalan dengan lancar, aman, damai, dan kondusif.

“Alhamdulillah partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkades ini sangat antusias, ini dibuktikan dengan banyaknya antrian-antrian masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya,” ucapnya.

Bupati Sumedang Apresiasi Warga yang Antusias Ikuti Pilkades Serentak (3)Bupati juga mengatakan kesiapan pihak penyelenggara yang dalam hal ini KPPS dirasa sangat matang dengan pengetahuan dan pengalaman serta  disediakannya perlengkapan yang memadai.

“Ini menandakan bahwa baik penyelenggara maupun masyarakatnya telah siap menjalankan kegiatan pilkades dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan sampai dengan selesai penyelenggaraan bisa terus berjalan dengan lancar dan hasilnya bisa diterima oleh semua pihak,” ungkapnya.

Terkait dengan para calon Kades yang melaju di Pilkades 2018 pihaknya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para calon Kades yang telah siap berkompetisi mengabdikan dirinya untuk membangun Desanya masing-masing.

“Saya yakin setiap calon pun sudah memiliki kebesaran jiwa dan hati siap untuk dipilih dan siap untuk tidak dipilih. Saya berpesan untuk calon yang nanti menang harus tetap rendah hati dan  bersama-sama mengajak warganya untuk membangun Desanya sesuai program yang telah dicanangkan,” pungkasnya.

Seperti kita ketahui bahwa menurut rencana yang telah dicanangkan oleh Dinas PMD Kabupaten Sumedang hasil pemenang Pilkades ini akan dilantik sekitar pertengahan bulan Desember. (Abas)

Categories: Politik