Awas! Oknum Pejabat Tamak Minta Jatah Dana Bos?

KAB. BANDUNG, eljabar.com – Apa apa dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung? Keberadaan dana bantuan siswa yang nilainya jutaan rupiah tidak pernah dirasakan para orangtua. Pasalnya, Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) 2018 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) senilai Rp.1.400.000 per siswa dalam setahun, ditambah dana dari Provinsi Jawa Barat Jabar yaitu Bantuan Pendidikan Menengah Unversal (BPMU) yang nilainya ratusan ribu per siswa pertahun belum lagi sekolah melalui rapat komite membolehkan sekolah memungut Dana Sumbangan Pembangunan (DSP) sekitar Rp. 4 jutaan dan SPP yang ratusan ribu perbulan.

Sebut saja R, seorang sumber mengatakan, ada oknum yang sengaja mengutip sejumlah uang dari dana BOS SMP. “BOS untuk SMP Rp.1.000.000 per siswa/tahun. Awas ada pungutan liar (pungli) dana  Bos seperti tahun lalu digugus SMP tertentu Kab. Bandung, diduga per siswa Rp. 6.000 atas suruhan oknum pejabat tamak tersebut,” ujarnya.

R juga mengatakan pasa Jumat (19/10/2018) pada eljabar.com, “Seiring saya dirotasi ke kecamatan lain belakangan tersiar kabar oknum pejabat itu sebelumnya diduga melakukan pungli dana BOS SD,” ungkapnya.

Dilain pihak menuturkan besaran dana BOS untuk SD Rp.800.000 terbilang kecil. Namun, patut disayangkan ada oknum pejabat di kecamatan tertentu diduga minta jatah dana Bos? (A56)

Categories: Hukum