Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan Membuka Acara Muskab ke VII Kamar Dagang Dan Industri

Sumedang,eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan memberikan arahan dan sambutan sekaligus membuka acara Muskab ke VII Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Sumedang bertempat di Gedung Negara Sumedang, Rabu (24/10).

 

Acara yang mengusung tema “Intensifikasi dan Ekstensifikasi Dunia Usaha, Dalam Rangka Mendorong Terwujudnya Sumedang Simpati Pada Tahun 2023” itu dihadiri oleh Ketua KADIN Kabupaten Sumedang, Ketua Wanhat KADIN Sumedang, Ketua KADIN Provinsi Jawa Barat, unsur SKPD Kabupaten Sumedang, peserta Muscab, dan tamu undangan lainnya.

 

Ketua KADIN Sumedang H. Asep S Kusmayadi, dalam sambutannya meyampaikan dalam konteks pembangunan Daerah , KADIN Sumedang dituntut untuk terus berkontribusi terhadap peningkatan derajat perekonomian Daerah.Secara khusus  KADIN Sumedang harus mampu menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan indeks daya beli masyarakat, yang pada hari ini masih dibawah rata-rata indeks daya beli masyarakat Jawa Barat.

IMG-20181024-WA0023

“Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sumedang adalah dengan menciptakan lapangan kerja baru, karena keberadaan lapangan kerja baru diproyeksikan akan mengurangi jumlah pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.Hal ini tentu akan berdampak positif pada daya beli masyarakat secara keseluruhan, sehingga pada akhirnya kegiatan ekonomi di Daerah pun akan berkembang”ucapnya.

 

Sejalan dengan itu Asep mengatakan Kabupaten Sumedang dengan pucuk pimpinan yang baru dengan Visi Sumedang Simpati nya pada tahun 2018, telah memprogramkan pembukaan lapangan kerja baru yang dijabarkan dengan beberapa kegiatan pembangunan.Dan dengan diselenggarakannya Muskab tersebut, KADIN Sumedang bisa berkarya bersama-sama membangun perekonomian Daerah melalui KADIN Sumedang.

 

“Program ini adalah merupakan langkah untuk mengupayakan terjadinya peningkatan pendapatan masyarakat dan mengurangi pengangguran.Untuk mewujudkannya, segenap warga termasuk KADIN Sumedang didalamnya harus bersinergi dan bekerjasama secara padu dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki daerah”ungkapnya.

 

Sementara itu Ketua KADIN Provinsi Jawa Barat H.Rudi Rakyan menyampaikan bahwa KADIN dipayungi oleh undang-undang 187 yang mana didalam undang-undang tersebut disebutkan KADIN disemua tingkatana adalah mitra strategis Pemerintah.

 

“Kami berharap KADIN di Sumedang dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan dengan struktur kepengurusan yang baru bisa ditindak lanjuti untuk dibuatkan Peraturan Bupati dalam rangka pengembangan dunia usaha.Ini juga terkait dengan program yang digariskan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan slogan Jabar Juara yang sangat peduli dengan sektor ekonomi”ucap Asep.

 

Wakil Bupati Sumedang dalam arahannya   mengatakan dalam menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi saat ini diperlukan strategi nasional khususnya Kabupaten Sumedang dalam memacu ekonomi domestik agar dapat bersaing dan berdiri sejajar dengan Daerah-daerah lain.

 

“Mari sama-sama kita pikirkan bagaimana caranya membangun Daerah kita sendiri dengan segala potensi yang ada  agar jangan sampai potensi ekonomi Daerah yang kita miliki dimanfaatkan oleh pihak lain”ujar Bupati.

 

Ditambahkan Bupati sebagai wadah perhimpunan pengusaha serta eksistensinya sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah dalam pembangunan bidang perekonomian, keberadaan KADIN Sumedang tentunya memiliki peran yang strategis dalam menumbuhkan gairah usaha maupun pembinaan para usahawan di Sumedang.

 

“Menjadi pengusaha itu harus tangguh dan kuat bahkan sebisa mungkin harus dapat mepahirkan dan menciptakan lapangan kerja.Artinya pengusaha harus memiliki semangat serta ide-ide cemerlang dalam menjalankan usahanya”pungkasnya.

 

Dalam kesempatan tersebut diberikan pula cinderamata dari KADIN Kabupaten Sumedang kepada Wakil Bupati Sumedang, KADIN Jawa Barat, dan para Wanhat KADIN Sumedang.


 

Categories: Pemerintahan,Regional