Ditemukan Dugaan Pelanggaran, Panitia Pilkades Cisempur Banyak Menerima Pengaduan

SUMEDANG, eljabar.com — Pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada (17/10/2018) lalu di Kab. Sumedang masih menyisakan persoalan salahsatunya penyelenggaraan Pilkades di Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor Kab. Sumedang.

Hal itu diakui oleh Ketua Panitia Pilkades Cisempur, Utar Taryadi didampingi Ketua BPD Koko dan Plt. Kades Cisempur Asep Rahmat di Aula kantor Desa Cisempur seusai menerima pengaduan dari sejumlah tim pemenangan Calon Kepala Desa (Cakades) Cisempur, Minggu (28/10/2018).

“Kami telah menerima surat pengaduan dari tim pemenangan Cakades yang telah ditandatangani oleh empat orang Cakades Cisempur dan bermaterai,” katanya.

Menurut Utar, sejumlah pengaduan itu diantaranya, adanya dugaan money politik (Politik uang, red) yang dilakukan oleh tim Cakades nomor urut 4, dugaan adanya penjegalan terhadap calon pemilih, dugaan keterlibatan Panitia Pilkades yang mendukung salahsatu Cakades dan pengaduan lainnya.

“Namun demikian, sejumlah pengaduan yang dilaporkan harus diselidiki lebih jauh oleh pihak BPD. terbukti atau tidak, nanti BPD yang akan memutuskan selanjutnya,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya menegaskan, terkait salahsatu tudingan yang ditujukan kepada Panitia Pilkades Cisempur dengan memberikan dukungan kepada salahsatu Cakades, hal itu, sangat tidak mungkin.

“Pasalnya, kami telah membuat pernyataan diatas materai dan disumpah sebagai panitia Pilkades, tidak condong kepada salahsatu Cakades meskipun pada dasarnya kamipun memiliki hak pilih dalam proses Pilkades ini,” tegasnya.

Sementara Plt Kades Cisempur, Asep Rahmat menyebutkan, bahwa perselisihan di Pilkades sudah diatur dalam Perda Sumedang dan selanjutnya, penanganannya sesuai dengan prosedur aturan yang berlaku.

Dikatakan Asep, hasil Perolehan suara dalam Pilkades Cisempur yang telah ditetapkan panitia adalah nomor urut 1, Momon Kartaman meraih 1198 suara. nomor urut 2, Toto Sutanto meraih 496 suara. nomor urut 3 Mulyana Yusuf, 588 suara. nomor urut 4, Iis Darwis Herawati dapatkan 1211 suara dan nomor urut 5, Ruhiyat Burhanudin meraih 664 suara.

Sementara itu, Salahsatu perwakilan dari tim pemenangan nomor urut 1, Dodi Setiadi mengakui, pihaknya telah mengadukan kepada panitia Pilkades terkait adanya sejumlah temuan dugaan pelanggaran dalam proses Pilkades Cisempur.

“Temuan dari tim kami yakni, adanya money politik, dugaan adanya dukungan dari panitia Pilkades kepada salahsatu Cakades, dugaan penjegalan kepada sejumlah hak pilih tidak memberikan hak suara dan penggelembungan suara,” tuturnya.

Olehsebab itu, terang Dodi, Tim pemenangan nomor urut 1 menuntut kepada panitia Pilkades dan pihak terkait lain agar pengaduannya ditindaklanjuti dan di proses sesuai ketentuan.

“Dengan adanya sejumlah temuan pelanggaran yang telah kami ajukan, kami menilai proses demokrasi Pilkades di desa Cisempur sudah di cederai. sehingga kami menuntut Pilkades ulang terhadap hasil Pikades ini,” tegasnya. (Abas)

Categories: Politik