Sinergitas 3 Pilar Desa Dukung Program Sumedang Bersinar Bersih dari Narkoba

SUMEDANG, eljabar.com — Kegiatan Pengembangan Kapasitas dan Sinergitas 3 (Tiga) Pilar di Desa/Kelurahan diharapkan mampu membangun komitmen bersama yang dapat dijadikan landasan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Wilayah Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir pada saat memberikan sambutan pada kegiatan Pengembangan Kapasitas dan Sinergitas 3 Pilar di Desa/Kelurahan dalam Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Menuju Sumedang Bersinar Bersih dari Narkoba bertempat di Aula Tampomas, Rabu (31/10).

Masih menurut Bupati Dony, Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Kabupaten Sumedang kedepan dapat lebih maju dan sejahtera tanpa penyalahgunaan narkoba melalui peran serta 3 Pilar ini.

“Disamping itu saya berharap kegiatan ini juga dapat mengembangkan potensi 3 pilar dalam upaya pemberantasan narkoba, meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam menangkal segala bentuk kejahatan narkoba serta dapat meningkatkan sinergitas antara aparat hukum dan komponen masyarakat lainnya, “ujarnya

Bupati juga berpesan tak ada lagi kepala desa yang ditangkap karena narkoba.

“Saya berharap Tak ada lagi kades yang terlibat narkoba. Bagaimana mau memberantasnya, jika kadesnya pun terlibat. Jauhi narkoba,  dekati bupati, Insya Allah bebas narkoba,” ujar Dony.

Sementara, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, kerjasama tiga pilar desa yang sudah terjalin baik, bisa lebih ditingkatkan.

“Mari kita dukung bersama-sama agar bisa memberikan manfaat.  Bhabinkamtibmas akan rutin melakukan penyuluhan dan pencegahan.  Jika ada pengguna, rujuk ke Puskesmas agar direhabilitasi serta tangkap jika ada ada pelaku penyalahgunaan,” ujar Hartoyo.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala BNN Jabar Brigjen Pol Drs. sufyan Sarif, MH, Kepala BBN Sumedang AKBP I Nengah Merta, SH. MH.  M.Si, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo SIK. MH, Dandim 0610 yang diwakili oleh, Kepala Kantor Kemenag, Direktur Narkoba Polda Jabar, Direktur Binmas Polda Jabar, para kepala SKPD, para kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para kepala Puskesmas dan tamu undangan lainnya.

Diakhir acara dilakukan pula Penandatanganan Kebulatan Tekad dan Sinergitas Upaya P4GN Dalam Rangka Pemberdayaan Peran Serta 3 pilar di Desa/Kelurahan menuju Desa Bersih dari Narkoba dan Penyerahan Piagam Penghargaan oleh BNNP Jawa Barat kepada Bupati Sumedang, Kepala BNNP Jawa Barat, Kapolres Sumedang, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang,  Direktur Narkoba Polda Jabar dan Direktur Bimmas Polda Jabar. (Abas)

Categories: Pemerintahan