Pj Sekda Buka Pertemuan Tim SPGDT Kabupaten Bandung

SUMEDANG, eljabar.com — Pj Sekda Sumedang Ir. H Amim MM Membuka Acara Pertemuan Tim Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) Kabupaten Sumedang bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Kamis (1/11/2018).

Hadir pada kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Dr. Anna Hernawati Sabana, MKM, perwakilan Polres Sumedang, Badan dan Dinas terkait di Kabupaten Sumedang,unsur dari Telkom, RSUD, Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumedang dan tamu undangan lainnya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Dr. Anna Hernawati Sabana mengatakan, bahwa Pada prinsipnya pertemuan Tim SPGDT bertujuan untuk memberi pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat serta memudahkan masyarakat apabila meminta rujukan.

Lebih lanjut dikatakan Dr. Anna, dukungan dan partisipasi dari semua pihak sangat diperlukan dalam pelaksanaan program agar pelayanan rujukan kesehatan dapat cepat terealisasi.

“Untuk mewujudkan SPGDT ini tentunya Sangat diperlukan dukungan dan partisipasi dari semua pihak agar pelayanan rujukan kesehatan ini dapat cepat terealisasi dan diharapkan dengan adanya pertemuan ini semua pihak paham akan tugas dan fungsinya masing-masing,” kata Anna.

Sementara itu, Pj Sekda Amim menyampaikan, bahwa ditinjau dari aspek kewilayahan, Kabupaten Sumedang merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi rawan bencana yang cukup tinggi.

“Kabupaten Sumedang merupakan wilayah yang berpotensi rawan bencana yang cukup tinggi, berdasarkan data dari BPBD pada tahun 2018 tercatat banyak kejadian bencana yang terjadi. Tentunya kehadiran SPGDT dan Public Safety Center 119 menjadi satu inovasi dalam memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” ujarnya

Pj Sekda Amim berharap dengan adanya SPGDT ini bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan melibatkan berbagai unsur kesehatan.

“Tentunya ini tidak bisa dilakukan oleh dinas kesehatan sendiri, tetapi butuh keterpaduan dari semua pihak untuk berkontribusi dalam mensukseskan SPGDT ini menjadi suatu sistem pelayanan kesehatan yang optimal yang bisa memberikan solusi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Sekda juga menambahkan, terkait dengan launching SPC 119 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018 mendatang, agar segera dirumuskan Teknis pelaksanaan dan kelembagaannya.

“Tentu kita semua akan menjadi bagian dari sejarah dari pelaksanaan program 119 ini. Untuk itu dibutuhkan Komitmen dari kita semua untuk segera merumuska. Teknis pelaksanan dan kelembagaannya,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan dilakukan pula Penandatanganan Komitmen Bersama oleh Pj Sekda Sumedang dan seluruh peserta rapat Pertemuan TIM Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). (Abas)

Categories: Pemerintahan