Tak Hanya BOS, Sertifikasi Guru pun Diembat Oknum Ini?

KAB. BANDUNG, eljabar.com,- Bantuan Operasional Sekolah yang lazim disebut BOS untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) di salah satu kecamatan di Kab. Bandung, diduga dijadikan ladang pengahsilan di luar gaji resmi oknum yang satu ini. Hal itu dilakukan guna memperkaya diri dan keluarga.

Demikian diungkapkan A, salah seorang pengamat pendidikan di Kabupaten Bandung, belum lama ini. A menyoroti oknum kepala UPT TK, SD dan Non Formal kecamatan sebelum pindah ke kecamatan lain di Kab. Bandung.

“Diduga BOS SDN dijadikan pengahasilan tambahan. Tak pelak, hal itu jadi gunjingan di kalangan tertentu,” ujar A.

Sementara Kepala UPT Kecamatan yang meminta tidak disebutkan namanya, saat diminta tanggapan terkait dugaan oknum Kepala UPT berinisial D yang melakukan pungutan liar (pungli) BOS hingga Rp1.000 per siswa, ia mengatakan bahwa D memang dikenal bermasalah.

“Memang oknum Kepala UPT ini bermasalah. Jika bubaran rapat ia tergesa-gesa pulang menghindari para awak media,” ujarnya, Kamis (1/11/2018).

Sedangkan WN menjelaskan, terkuaknya D yang melakukan pungli dana BOS sebesar Rp1.000 per siswa, dengan jumlah 1.000 siswa, maka terindikasi D mengantongi Rp10 juta.

“Tak hanya itu, uang sertifikasi pun terindikasi dipungut Rp100.000 per guru setelah D alih tugas ke kecamatan lain,” ungkapnya. (A56)

Categories: Pendidikan