Dandim 0610 Sumedang Bantu Pemerintah Kampanyekan Penanaman Pohon Produktif dan Bernilai Ekonomis

SUMEDANG, eljabar.com — Dandim 0610 Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah beserta unsur Korem 062 Taruma Nagara (TN) melaksanakan pendampingan kunjungan kerja Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) rawan bencana dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Prov. Jawa Barat (Jabar) dan Perhutani di wilayah Blok Patambon Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupatan Sumedang di Persemaian RHL, Rabu (7/11/2018).

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti tentang penanaman reboisasi konservasi di Taman Buru Masigit (TBM) gunung Kareumbi yang belum terselesaikan sejak tahun 2017 dengan luas 100 hektar,” ucap Dandim.

Dandim 0610 Sumedang mengatakan, rencana RHL berupa penanaman pohon produktif dan ekonomis yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0610 Sumedang. selain itu, akan dilaksanakan di beberapa Kecamatan yang telah ditentukan dari BKSDA dan Perhutani diantaranya, Kecamatan Sumedang Selatan, Pamulihan, Cibugeul, Situraja dan Kecamatan Cisitu.

“Adapun sasaran pertama yang akan dikerjakan dalam pelaksanaan kegiatan RHL rawan bencana ini sesuai dari petunjuk BKSDA dan perhutani diantaranya, Pembuatan jalan pemeriksaan, pemotongan semak dan alang-alang, penentuan arah larikan, pemasangan ajir, pembuatan piringan dan lubang tanaman, pembuatan papan nama, pembuatan gubuk/pondok kerja, pemupukan, distribusi bibit ke lubang tanam, pengawas /mandor,” ucapnya.

Hasil akhirnya, imbuh Novianto, diharapkan dari kegiatan tersebut adalah terlaksananya upaya membantu pemerintah membudidayakan atau mengkampanyekan penanaman pohon produktif dan bernilai ekonomis di berbagai wilayah yang ada di kabupaten Sumedang serta terciptanya, Indonesia Hijau Bersih, Sehat, Rapi dan Indah (Berseri). (Abas)

Categories: TNI / POLRI