H.Dony Ahmad Munir Buka Acara Pencanangan BBGRM XV 2018

Sumedang,eljabar.com — Yel-yel “Sumedang Simpati” dilontarkan oleh Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir ketika membuka acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV Tingkat Kabupaten Sumedang sekaligus Pencanangan Gerakan Jum’at Bersih di Halaman IPP, Jum’at (9/10).

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Dan Gerakan Jum’at Bersih Kita Tingkatkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan Untuk Mewujudkan Masyarakat Sumedang Yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional Dan Kreatif” tersebut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Sumedang, para Camat, para Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Sumedang dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H.Teddy Mulyono selaku ketua penyelenggara dalam laporannya menyampaikan dasar dari dilaksanakannya kegiatan Pencanangan BBGRM XV Tahun 2018 tersebut adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri No.42 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan BBGRM.

“Ini telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan sampai di tingkat Desa dan Kelurahan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Harapkan Teddy, kegiatan itu dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembangunan di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya, dan agama.

“Di samping menciptakan lingkungan yang hijau dan bersih, juga kegiatan ini guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya gotong royong masyarakat menuju penguatan pergerakan integrasi bangsa,” ujarnya.

Selain itu, diharapkan mampu untuk menggerakan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong dalam menciptakan Sumedang bersih serta memupuk keswadayaan masyarakat.

IMG-20181109-WA0036

Sementara itu, Bupati Sumedang dalam sambutannya mengatakan, melalui  BBGRM XV tahun 2018 yang dirangkaikan pula dengan Gerakan Sumedang Bersih, Pencanangan Unit Reaksi Cepat Penanganan Sampah (URCPS) dan Lomba Kebersihan dalam rangka memotivasi masyarakat untuk gaya hidup bersih dan sehat, diharapkan dalam setiap sendi kehidupan bermasyarakat nantinya senantiasa tetap melestarikan dan mengembangkan semangat kegotongroyongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai budaya masyarakat setempat.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang mari kita tingkatkan peran lembaga kemasyarakatan Desa dan Kelurahan untuk mewujudkan Sumedang Simpati,” ajaknya.

Selanjutnya, lanjut Bupati, untuk sekarang dan ke depannya Pemerintah Daerah akan mengupayakan peningkatan kebersihan lingkungan di Tingkat Desa dan Kelurahan melalui berbagai kegiatan salah satunya yaitu melalui gerakan Jum’at Bersih.

Pencanangan juga ditandai dengan pemukulan Kohkol (kentongan) sebanyak lima kali oleh Bupati Sumedang diikuti unsur Forkopimda, beserta jajaran SOPD yang hadir, tak ketinggalan dari unsur TP PKK Kab. Sumedang.

Turut diserahkan secara simbolis kendaraan bermotor persampahan kepada Tim URCPS.

Acara diakhiri dengan peninjauan Bupati ke stand-stand pameran yang menampilkan produk-produk unggulan dari masing-masing desa dan kecamatan se-Kabupaten Sumedang.

Categories: Regional