Ratusan Pelajar SMP/MTs se-Kab. Sumedang Meriahkan Peringatan Bulan Bahasa MGMP

SUMEDANG, eljabar.com — Ratusan pelajar tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Sumedang,   memeriahkan peringatan Bulan Bahasa MGMP wilayah II Kabupaten Sumedang, Sabtu (10/11/2018) yang diselenggarakan di SMPN 1 Sumedang. Selain siswa, kegiatan yang dimulai sejak pagi ini juga dihadiri guru-guru.

Peringatan Bulan Bahasa diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti  cipta puisi, cipta cerpen, baca puisi, bercerita, menulis esai, menulis dan membawakan berita dan debat bahasa indonesia. Tidak kurang dari 152 peserta perwakilan dari 42 sekolah yang berasal dari SMP/MTs  Negeri maupun Swasta se- Kabupaten Sumedang mengikuti perlombaan ini.

Kegiatan bulan bahasa merupakan agenda tahunan MGMP bahasa indonesia Kabupaten Sumedang yang pada tahun ini bersinergi dengan Media Sumedang MOP, dengan mengusung tema “Melalui Bulan Bahasa kita Tingkatkan Literasi, Apresiasi dan Prestasi peserta Didik”.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang hadir pada saat itu, menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan, menurutnya penyelenggaraan bulan bahasa akan banyak memberikan manfaat dan faedahnya bagi para siswa.

“Saya sangat tertarik dengan tema kegiatan pada hari ini yakni melalui bulan bahasa kita tingkatkan literasi apresiasi dan prestasi peserta didik. Dengan berbagai kegiatan yang dilombakan, berupa membaca, menulis dan berbicara dengan bahasa Indonesia, tentunya penyelenggaraan bulan bahasa ini akan banyak memberikan manfaat dan faedahnya bagi  kita semua baik bagi para guru maupun anak-anak yang mengikuti kompetisi sebagai sebuah Ikhtiar kita untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Mengenai kondisi minat baca masyarakat Indonesia, Bupati mengungkapkan keprihatinannya, pasalnya berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga kompeten menunjukkan bahwa indeks minat baca dan tingkat literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

“Tentu sudah tahu bahwa tingkat literasi di negara kita sangat rendah. Berdasarkan Indeks literasi yang dilakukan oleh lembaga PISA, kita berada pada rangking 64 dari 65 negara yang dilakukan penelitian dengan minat baca kita 0.001. Jadi dari seribu orang indonesia, hanya satu orang yang memiliki minat bacanya tinggi. Dari sisi kemampuan bacapun, negara kita berada pada rangking ke 57 dari 65 negara. Tentunya Ini adalah sebuah keprihatinan bagi kita semua,” ujarnya.

Bupati mengharapkan, evaluasi dan berbagai upaya perlu terus dilakukan agar kedepannya budaya literasi semakin meningkat.

“Dengan kondisi seperti ini, sudah seharusnya kita melakukan refleksi dan evaluasi untuk menentukan perspektif kedepannya seperti apa untuk meningkatkan budaya literasi. Semoga kegiatan yg kita laksanakan hari ini menjadi salah satu bagian dari upaya kita untuk meningkatkan budaya literasi,” pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati meninjau jalannya perlombaan di tiap ruangan. Diruangan tersebut  para Siswa yang mengikuti perlombaan dengan penuh penghayatan menunjukan kebolehannya yang membuat Bupati Sumedang terkesima.

Hadir mendampingi  Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang H. Sonson Nurikhsan, Ketua PGRI Kabupaten Sumedang yang diwakili oleh Sekretaris PGRI, Ketua FMKKS Kabupaten Sumedang, Kepala SMPN 1 Sumedang beserta jajaran dan Tamu Undangan Lainya. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com