Reses, Anggota DPR RI Komiisi VII Serap Aspirasi Warga Desa Mekargalih Terkait Masalah Sampah

SUMEDANG, eljabar.com — Belum optimalnya penanganan persoalan sampah yang mengakibatkan terjadi penyumbatan di saluran air dan menimbulkan bau tak sedap dikeluhkan warga Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor, Kab. Sumedang. Selain itu masih kutangnya sarana dan orasranasampah rumah tangga selalu menyumbat di parit di wilayah tersebut.

Keluhan tersebut disampaikan oleh Sinta Astuti (25) Ketua Karang Taruna Desa Mekargalih kepada Anggota DPR RI Komisi VII F – PDI Perjuangan, Denny Jaya Abri Yani saat reses di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu (11/11/2018).

“Kalau penanganan sampah di daerah kami sebetulnya sudah ada, tetapi belum teratasi secara signifikan, penangnannya belum sesuai dengan yang diharapkan, Karena fakta dilapangan masih sampah ini masih bermasalah, diantaranya di daerah kami sering terjadi banjir yang diakibatkan tersumbatnya saluran airnya,” kata Sinta Astuti kepada eljabar.com saat ditemui di lokasi.

Mengenai permasalahan sampah tersebut, lanjut dia, “Tadi saya telah menyampaikan langsung kepada Ibu (Denny Jaya Abri Yani, red) dan kami berharap agar mendapatkan perhatian dan bantuan untuk menangani masalah sampah. Karena memang daerah kami masih membutuhkan perhatian lebih terkait penanganan sampah, baik itu sarana dan prasarananya,” kata dia.

Ditempat yang sama, Anggota DPR RI Komiisi VII, Denny Jaya Abri Yani mengatakan, “Saya mendapat aspirasi dari Karang Taruna Desa Mekargalih yang mengeluhkan masih ada tempat sampah tidak dapat terangkut, yang diakibatkan oleh sarana dan prasarananya masih kurang bagus. Oleh karenanya, tadi kami diskusikan bersama terkait penanganan sampah di daerah tersebut dan akan memberikan fasilitas berupa program motor sampah, paling tidak itu bisa disalurkan ke daerah tersebut,” papar Denny yang kini kembali maju di Pileg 2019 DPR RI Dapil Jabar IX (Subang, Majalengka, Sumedang).

Selain itu, menurut Denny, “Tadi mereka mengeluhkan bahwa di daerahnya sering terjadi penyumbatan di parit-parit. Akan kita coba disambungkan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sumedang yang nantinya akan dicari solusi untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut. Di Kabupaten Sumedang sudah ada beberapa desa yang sudah proses pemberian motor sampah dan mungkin di Desa Mekargalih ini dapat disalurkan diprogram berikutnya,” sebutnya. (Abas)

Categories: Politik