Kapolres Sumedang: Penanggulangan Bencana Tanggungjawab Semua Pihak, Tidak Hanya BNBD

SUMEDANG, eljabar.com — Menghadapi kondisi musim penghujan saat ini, Polres Sumedang bersama instansi terkait lain seperti, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Tagana, Palang Merah Indonesia (PMI) dan lainnya menyiagakan personil guna menghadapi potensi bencana alam yang terjadi di wilayah Kab. Sumedang.

Demikian disampaikan Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo seusai Apel Siaga Bencana kepada wartawan di halaman Mapolres Sumedang, Jum’at (16/11/2018).

“Penanggulan bencana merupakan tanggung jawab semua pihak, meski leading sektor berada di BPBD dan Basarnas. Namun, semua pihak harus turut mendukung dan membantu sepenuhnya,” ujarnya.

Dikatakan Kapolres, Pertama ada kejadian atau peristiwa bencana siapapun yang mengetahuinya harus segera membantu sejak dini hingga evakuasi terakhir.

“Oleh sebab itu, melalui pertunjukan simulasi bagaimana cara mengevakuasi korban bencana yang terjebak dalam sebuah bangunan oleh personil tim SAR gabungan, menunjukkan kesigapan kita dalam penanggulangan bencana,” katanya.

Selain itu, imbuh Kapolres, dalam pengerahan personil pun disesuaikan dengan kondisi yang ada. intinya, personil sudah siap untuk terjun membantu apabila terjadi bencana alam di Sumedang.

Pantauan eljabar.com, dalam Apel Siaga Bencana di Mapolres Sumedang, Kapolres melakukan pengecekan kesiapan personil serta peralatannya.
Apel siaga bencana selain diikuti personil jajaran Polres Sumedang juga anggota TNI dari Kodim 0610, Batalyon Raider 301 Prabu Kian Santang, Basarnas, BPBD dan instansi terkait lainnya. (abas)

Categories: TNI / POLRI

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com