Meminimalisir Konflik Sosial, Dinas Sosial P3A Realisasikan Pembangunan Pipa Air Bersih

SUMEDANG, eljabar.com — Dinas Sosial P3A melalui seksi Perlindungan Sosial, hari ini merealisasikan pembangunan pipa air bersih dalam kegiatan Keserasian Sosial Tahun 2018 di Dusun Cimacan Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu, Kamis (22/11/2018).

Kepala Dinas Sosial P3A, Drs. H. Asep Tatang Sujana, M.Si, mengungkapkan, pembangunan pipa air bersih di dusun Cimacan Desa Sundamekar Kec. Cisitu tersebut merupakan rangkaian kegiatan lanjutan, setelah sebelumnya dilaksanakan dialog tematik tentang Keserasian Sosial awal September lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kadinsos P3A berharap seluruh fasilitas yang telah dibangun saat itu dapat dipelihara dan dimanfaatkan dengan baik oleh warga, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

“Saya berharap, semua fasilitas yang telah dibangun pemerintah seperti halnya pemasangan pipa air bersih saat ini keberadaannya dapat dipelihara dengan baik, sehingga keberadaannya tidak hanya bertahan satu-dua hari saja,” tuturnya.

Senada dengan Asep, Camat Cisitu Ari Kusnadi menuturkan, melalui kegiatan pembangunan pipa air bersih di wilayahnya, diharapkan dapat meminimalisir konflik sosial yang ada di tengah masyarakat, khususnya di Dusun Cimacan Desa Sundamekar.

“Seringkali kan kalau masalah ketersediaan air ini jadi pemicu konflik antar warga, dengan telah dibangunnya fasilitas ini (pipa air) diharapkan akan mengantisipasi munculnya hal tersebut (konflik warga),” ucapnya.

Ketua Forum Keserasian Sosial Sauyunan Cisitu, Ratma mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut telah berhasil dibangun pipa air bersih sepanjang +- 3 km, yang membentang dari sumber mata air sampai ke pemukiman warga.

“Tentunya terlaksanya kegiatan ini berkat peran dari banyak pihak yang bahu-membahu bergotong-royong bersama, untuk itu saya turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu,” ujar Ratma.

Selain jajaran Dinas Sosial P3A Kab. Sumedang, dalam kesempatam tersebut juga tampak hadir Kepala Seksi PSKB Dinas Sosial Prov. Jabar, Camat Cisitu, Danramil Cisitu, Kapolsek Cisitu, unsur MUI Cisitu, Kepala Desa Sundamekar, Forum Keserasian Sosial Cisitu, Karang Taruna Cisitu serta warga Dusun Cimacan selaku penerima manfaat. (Abas)

Categories: Regional