Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumedang menggelar kegiatan Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM)

Sumedang,eljabar.com — Mengawali Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumedang menggelar kegiatan Sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Pemeriksaan Kesehatan Wartawan di Graha Insun Medal (GIM), Rabu (28/11/2018).

Ketua PWI Sumedang, Cecep WP menuturkan, Kegiatan yang laksanakan atas kerjasama antara Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumedang dengan PWI.

“Selain peringatan HPN, Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai partisipasi para insan pers dalam Hari Kesehatan Nasional (HKN),” ucapnya.

Menurut Cecep, Pemeriksaan kesehatan bagi para wartawan dinilai penting mengingat, kinerja yang padat aktivitasnya. sehingga, akan sangat bermanfaat bagi wartawan.

“Mudah- mudahan kerja sama yang telah dilaksanakan terus berlangsung tidah hanya saat ini saja. selain itu, sebagai upaya mengantisipasi penyakit sejak dini yang mungkin diderita sejumlah wartawan.” ujarnya.

Sementara, Kabid P2P Dinkes Sumedang, Dokter Renny K. Anton menuturkan, komunikasi dengan wartawan sejauh ini sudah terjalin dengan baik dan mudah- mudahan kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat, khususnya bagi peningkatan kesehatan wartawan.

“Kami sarankan kepada puluhan jurnalis yang bertugas di Sumedang, harus merubah pola hidup, pola makan yang baik dan juga rajin olah raga,” katanya.

Perlu diketahui, imbuh Renny, sejak tahun 2000, angka kematian di Sumedang dari penyakit tidak menular menduduki 10 besar, seperti stroke, hypertensi, diabet, kanker dan lainnya.

“Ada dua hal yang menjadi faktor resiko, tetapi ada yang bisa dirubah dan ada yang tidak, seperti usia dan genetik atau keturunan. Yang perlu dirubah adalah faktor kebiasaan atau perilaku.” tegasnya.

Sehingga, sambung Renny,  dari kesimpulan hasil pemeriksaan kesehatan tadi diantaranya ada wartawan yang obesitas, darah rendah namun, sebagian besar normal.(Abas)

Categories: Regional