Dua Peraturan Daerah Ditetapkan, Obyek Wisata Sumedang Terus Dikembangkan

Keberadaan akses jalan bebas hambatan TOL Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka menjadi salahsatu penunjang dalam peningkatan dan pengembangan dunia kepariwisataan di Sumedang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kab. Sumedang, Agus Sukandar SH saat ekspose Potensi Wisata Kabupaten Sumedang di Hotel Puri Kahtulistiwa Jatinangor, Jum’at (14/12/2018).

“Selain itu, dalam penyelenggaraan kegiatan kepariwisataan tidaklah terlepas dari Sumber Daya yang dimiliki serta keterlibatan stakeholder dan subsektor ekonomi lainnya untuk mendukung keberhasilan suatu pengembangan pariwisata,” terangnya.

Sehingga, terang Agus, daerah dituntut untuk mampu mendorong pembangunan wilayah secara lebih mandiri melalui pemanfaatan sumberdaya yang dimilikinya melalui undang-undang otonomi daerah.

“Pemkab Sumedang sudah menetapkan dua Peraturan Daerah (Perda) tentang Pariwisata yakni, Perda nomor 9 tahun 2011 tentang pariwisata dan Perda nomor 8 tahun 2014 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Kab. Sumedang tahun 2014-2025,” ucapnya.

Dikatakan, perkembangan daerah tujuan wisata baru tentunya perlu diantisipasi dengan berbagai langkah strategis yang cepat dalam rangka menangkap peluang bertumbuhnya wisatawan yang sedang berkembang di Sumedang.

“Oleh sebab itu, melalui Expose Potensi Wisata Kabupaten Sumedang dengan melibatkan sejumlah stakeholder ini, guna memberikan arahan mengenai wilayah mana saja yang dapat dikategorikan sebagai daya tarik wisata unggulan terlebih, sangat mudah untuk dikembangkan,” terangnya.

Disebutkan Agus, sejumlah obyek wisata di Sumedang terus dikembangkan, seperti Taman Burung Gunung Masigit, secara geografis lokasinya di pegunungan kareumbi sehingga, salahsatu kawasan hutan di Jawa Barat itu termasuk hutan tipe iklim C dengan suhu rata rata 23 derajat celsius. lalu, kawasan Curug Sindulang yang berada di wilayah desa Sindulang Kec. Cimanggung itu bertipe curug ganda setinggi 50 meter berada diketinggian 1.037 mdpl.

“Selanjutnya, ada obyek wisata Gunung Kunci, Gunung Palasari, Bukit Panenjoan, Puncak Damar, Kawasan Perkebunan teh Margawindu, Curug Cigorobog, Kawasan Air panas Sekarwangi dan Cilengsi, Obyek wisata bumi perkemahan Kiarapayung, kawasan pendidikan Jatinangor, obyek wisata Paralayang di Batu Dua dan Bukit Toga serta banyak lagi obyek wisata yang lainnya,” papar Agus.

Abas

Categories: Seni Budaya

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com