Diskusi Kepemudaan: Peranan Pemuda Dalam Upaya Menangkal Hoax

SUMEDANG, eljabar.com — Sabtu (29/12/2018), pukul 13.50 WIB bertempat di Hotel Amory Boutique Jl. Mayor Abdurahman Kec. Sumedang Utara Kab. Sumedang dilaksanakan Diskusi Kepemudaan dengan tema “Peranan Pemuda Dalam Upaya Penangkalan Hoax di Era Keterbukaan Informasi” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jabar.

Kegiatan tersebut dipimpin Koordinator Panitia Lokal Diskusi Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Gian Egia Bernanto, Sekertaris Pelaksana Firma Awaludin dan dihadiri Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, S.I.K., M.H. diwakili Kasat Binmas AKP Baban Kusbandi, SH, KBO Sat Intelkam Polres Sumedang IPTU Sutrisno dan tamu undangan penting lainnya dengan total kurang lebih 75 orang.

AKP Baban Kusbandi mengatakan, penyebaran berita hoaks dipengaruhi oleh semakin mudahnya mengakses di media sosial.

“Berita hoaks dibuat dengan tujuan dan maksud tertentu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dimana berita hoax bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya perselisihan pribadi, golongan dan bahkan kekacauan yang dapat memecah belah dalam sebuah negara,” ujarnya.

Ia mengharapkan, masyarakat tidak mudah percaya terhadap sebuah berita tanpa mengetahui kebenarannya. Bahkan jika sampai menyebarkan berita tersebut maka dapat berurusan dengan hukum dan dapat dikenakan Pasal 28 Ayat 1 UU ITE.

Sementara Ustadz Budi Solihin menerangkan, hoaks sudah ada sejak zaman Nabi Surat An-Nur ayat 64.

“Hoaks yang berbahaya itu berasal dari dalam (Musuh dalam selimut) dan dampaknya sangat besar,” ucapnya.

Sementara Dosen Unpad Justito Adiprasetio mengungkapkan, hoaks merupakan suatu berita yang tidak faktual dan menyebabkan timbulnya suatu permasalahan.

“Pemberantasan hoaks dapat dilakukan oleh pemerintah dengan membuat suatu otoritas informasi yang terpercaya. Seharusnya media sosial seperti Facebook, Twiter dan lain sebagainya diberikan tanggung jawab oleh pemerintah untuk bersama-sama menyaring atau memfilter penyebaran berita bohong,” papar dia. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com