Jika Bos Cair Diakhir Semester, Sekolah Gulung Tikar?

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Keberadaan dana Bantuan Oprasional Sekolah (Bos) Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang dikucurkan pemerintah pusat cair triwulan sekali dapat dirasakan oleh orang tua siswa tidak mampu maupun orang tua siswa kaya.

Belakangan tersiar kabar kurang mengenakan dimana saat rapat monitoring dan evaluasi (monef), Jumat (10/01/2019) digugus SMP Kab. Bandung, terlontar dari petugas Dinas Pendidikan Kab. Bandung, “Wacana BOS SMP cair per 6 bulan sekali atau per semester. Yakni, semester 1 Juni dan semester 2 pada Desember,” beber seorang sumber.

“Kalau BOS per 6 bulan sekali cairnya diawal semester itu bagus. Namun, bagaimana cairnya terlambat apalagi cair diakhir semester, dari mana kepala sekolah menutupi dana yang nilainya besar, apa pinjam dana talang kepihak ketiga atau ke rentenir,” ucapnya.

Salah seorang bendahara SMPN menanmbahkan, “Saya tidak yakin BOS ada perubahan, yakni per semester 6 sekali. Karena sampai saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) nya, namun demikian berharap pencairan BOS tidak berubah,” harapnya.

Sumbes lain di SDN menjelaskan, “Kalau BOS ada perubahan per 6 sekali yang dihawatirkan cairnya diakhir semester, dari mana sekolah menutupi uang oprasional yang sebegitu besar, bisa-bisa sekolah gulung tikar karena tak bisa menutupi oprasional,” ucapnya. (A56)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com