Sarana Pusat Seni Budaya Sumedang Siap Berdiri di Lahan Sekitar 3 Hektar

SUMEDANG, eljabar.com,– Tak kurang dari 3 hektar lahan yang telah siap digunakan untuk pembangunan sarana Pusat Seni Budaya Sumedang Larang dengan anggaran dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) senilai Rp. 5 Miliar pada tahap pertama.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Agus Sukandar, Camat Rancakalong Suherman dan sejumlah pejabat terkait lain saat meninjau lokasi pembangunan Pusat Pagelaran Seni Budaya di Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong, Senin (21/1/2019).

Kegiatan peninjauan ke lokasi pembangunan, sambung Bupati, guna memastikan kesiapan semua instansi terkait dalam proses pembangunan Pusat Seni Budaya itu, yang rencananya akan dimulai pada Maret 2019 ini.

“Untuk tahap awal, akan dimulai dengan pembangunan gedung utama, lahan parkir dan sarana keperluan umum lainnya,” terangnya.

Bupati berharap, keterlibatan semua pihak dalam menyukseskan pembangunan pusat seni budaya tersebut sangat diperlukan sebab, tak hanya Disbudparpora saja namun dukungan dan kerjasama dari Dinas yang lainpun menjadi penentu kesuksesan pembangunan, seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Perumahan dan Pemukiman (Perkim) maupun Dinas Lingkungan Hidup (LH).

“Lahan yang akan dibangun itu, merupakan lahan milik 3 desa yakni, desa Sukamaju, Sukahayu dan desa Pamekaran,” katanya.

Selain itu, terang Bupati, dengan adanya rencana pembangunan gedung pagelaran seni budaya Sumedang, diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan para pelaku ekonomi kreatif khusunya di Rancaklong.

“Ini juga merupakan langkah awal dari Provinsi Jabar kepada Sumedang dalam berupaya melestarikan seni budaya Sumedang. ditempat ini, akan dijadwalkan pagelaran setiap kesenian dan kebudayaan se Kab. Sumedang termasuk seni Tarawangsa asal Rancakalong,” ujarnya.

Mudah mudahan, imbuh Dony, rencana pembangunan pusat seni budaya Sumedang berjalan sesuai rencana tanpa ada hambatan.

“Mohon do’a dan dukungan dari semua pihak agar pembangunan pusat seni budaya Sumedang terlaksana dengan baik,” tandasnya. (abas)

Categories: Seni Budaya

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com