Murtir: Praja IPDN Harus Mengaktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Aspek Kehidupan

SUMEDANG, eljabar.com — Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Prof. Dr. H. Murtir Jeddawi, SH., S.Sos. menyampaikan, Praja IPDN harus dapat mendalami agamanya masing-masing dan mendalami alkitab masing-masing, hal itu merupakan suatu benteng dari ideologi Pancasila itu sendiri.

“Oleh sebab itu, melalui kegiatan stadium general yang di inisiasi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini, dengan mengusung tema, Menegakkan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, diharapkan menjadi sarana pembinaan bagi segenap civitas akademika IPDN Jatinangor,” ujar Murtir di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Jum’at (01/02/2019).

Praja IPDN Harus Mengaktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Aspek Kehidupan (1)Sementara, Kepala BPIP RI, Prof. Dr. Hariyono mengatakan, ada beberapa materi yang dikemukakan dalam Stadium general itu seperti, materi tentang latar belakang lahirnya pancasila, dari mulai pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan lainnya.

“Bahkan, proses perumusan Pancasila, tantangan kebangsaan menjadi topik bahasan dalam studium general BPIP kali ini,” terangnya.

Menurut Hariyono, Pembinaan ideologi pancasila dinilai penting bagi seluruh penyelenggara negara, apalagi kampus IPDN.

“IPDN yang merupakan pencetak kader-kader pemerintah sudah sepantasnya dapat mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam seluruh aspek kehidupannya,” ujar Kepala BPIP disela-sela sambutannya.

Dikatakan Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas IPDN Jatinangor, Dr. Hj. Rinny Dewi Anggraeni, bahwa nilai-nilai pancasila harus dapat diterapkan oleh praja IPDN.

“Sikap toleransi dan saling menghargai sangat penting demi membangun etika bermasyarakat karena kelak praja IPDN yang sudah lulus akan disebar ke seluruh pelosok Indonesia, bertemu dengan masyarakat Indonesia dengan keanekaragaman bahasa dan budaya,” tandasnya. (Abas)

Categories: Pendidikan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com