Digelar Satlantas Polres Sumedang, Ratusan Pelajar Deklarasikan Milennial Road Safety Festival

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 2.500 peserta sepeda santai dari berbagi komunitas klub sepeda se Kab. Sumedang ikuti kegiatan Millenial Road Safety Festival yang digelar oleh Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Sumedang, bertempat di Alun alun Sumedang, Sabtu (02/02/2019).

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo melalui Kasatlantas AKP Iim Abdurrahim mengatakan, kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Sumedang seperti, Wakil Bupati Erwan Setiawan, Wakapolres Kompol Sigit Rahayudi, Ketua DPRD, Yadi Mulyadi, Kasdim 0610, Mayor Inf. Anang Pramudyanto dan pejabat lainnya, diawali dengan Apel Besar Milennial Road Safety Festival yang diikuti oleh ratusan pelajar SMU.

“Setelah apel besar, dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi Milennial Road Safety Festival oleh ratusan pelajar SMU,” terangnya.

Selain itu, terang Kasatlantas, dilakukan pemberian santunan bagi salahsatu korban kecelakaan lalulintas asal Kec. Tanjungsari yang kini telah di amputasi tangan kanannya akibat lakalantas.

“Dalam kegiatan hari ini pun, diberikan pula doorprize bagi peserta sepeda santai berupa, satu unit sepeda motor, 7 unit sepeda gunung dan hadiah menarik lainnya,” katanya.

Menurut Kasatlantas, tujuan program tersebut yakni untuk menanamkan kebiasaan dalam tata cara berkendara yang baik, etika, disiplin, dan cara yang benar sesuai aturan yang berlaku.

“Serta mematuhi dan memahami aturan hukum dalam berlalu lintas. Diharapkan dengan sosialisasi yang masif ini dapat menumbuhkan peran generasi milenial terhadap road safety,” katanya.

Dikatakan, dengan terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan serta adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

“Jadi hasil akhirnya, tentu bisa menciptakan generasi milenial yang cinta lalu lintas menuju Zero Accident Indonesia Gemilang,” tandasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengatakan, diharpakan melalui kegiatan tersebut kaum milennial menjadi bagian dari peopor terwujudnya road safety.

“Kita harus bisa menjadi bagian dari road safety dan mendukung modernisasi di bidang road safety, serta mendukung penegakan hukum lalu lintas terlebih, menjadi motivator dalam implementasi road safety. Kemudian, yang tak kalah penting ialah terbangunnya budaya tertib berlalu lintas, khususnya di kalangan generasi milenial,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional