Bupati: Tri Darma Perguruan Tinggi Diharapkan dapat Diterapkan ke Masyarakat

BANDUNG, eljabar.com — Sebanyak 352 Mahasiswa Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung menyuarakan yel-yel Sumedang Simpati bersama Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam kegiatan Penerimaan dan Pelepasan Peserta Praktikum 3 di Kabupaten Sumedang, bertempat di Aula Tampomas Setda, Kamis (14/02/2019).

STKS merupakan Perguruan Tinggi satu-satunya di bawah Kementerian Sosial RI yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan sosial.

Para Mahasiswa ini akan melaksanakan praktik pekerjaan sosial dalam pengembangan masyarakat di kabupaten Sumedang selama 2,5 bulan yang tersebar di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Situraja, Cisitu, Darmaraja dan Wado.

Bupati Tri Darma Perguruan Tinggi Diharapkan dapat Diterapkan ke Masyarakat (1)Dalam arahannya Bupati Dony mengatakan Tri Darma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Maka pemanfaatan dan menerapkan hasil pendidikan di Perguruan Tinggi untuk kepentingan masyarakat merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh seluruh Civitas Akademika termasuk Mahasiswa.

“Berkaitan dengan kegiatan praktikum tentunya akan menjadi sebuah wahana bagi mahasiswa untuk mempraktekan teori-teori yang selama ini dipelajari dalam menghadapi realitas sosial di masyarakat. Setelah itu diharapkan akan dapat memecahkan persoalan yang ada di masyarakat serta meningkatkan kompetensinya,” ujarnya.

Bupati Dony mengucapkan terimaksih kepada STKS yang telah memilih Sumedang sebagai tempat untuk melakukan praktikum.

“Saya menaruh harapan kepada para Mahasiswa agar kelak dapat ikut serta membangun daerah sesuai dengan bidang keilmuan. Dan Dharma Bhakti yang telah diberikan untuk kemajuan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Sumedang dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Sementara itu Heri Krissritanto selaku Plt. Ketua STKS Bandung memaparkan alasan Sumedang dipilih sebagai tempat praktikum, karena Sumedang dianggap memiliki karakteristik yang spesifik dengan kreatifitas masyarakatnya yang semakin berkembang.

“Kondisi Sumedang yang saat ini sudah berkembang dan menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat. Tentunya  banyak menarik pendatang dengan mobilitas sosial yang tinggi, Mahasiswa kami akan banyak belajar menghadapi komunitas dengan karakteristik sosiografis seperti kota Sumedang ini,” paparnya.

Di akhir acara Bupati Dony meresmikan dibukanya kegiatan Praktikum 3 Mahasiswa STKS Bandung Tahun 2019 ditandai dengan penyematan topi kepada 2 orang perwakilan Mahasiswa dilanjutkan dengan pemukulan gendang oleh Bupati didampingi Plt. Kadinsos P3A Sumedang dan Plt. Ketua STKS Bandung. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com