Lima Ribu Siswa Ikuti O2SN, FLS2N dan OSN di Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak lima ribu orang peserta mengikuti pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimoiade Sains Nasional (OSN) yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir ditandai dengan pelepasan balon ke udara bertempat di Alun-alun Sumedang, Selasa (19/02/2019).

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, unsur Forkopimda, Ketua TP. PKK, Kepala Dinas Pendidikan, para Kepala SKPD, Ketua Dewan Pendidikan, Ketua PGRI, dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya Bupati mengatakan pelaksanaan O2SN, FLS2N dan OSN merupakan salah satu sarana yang tepat guna mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang sains, olahraga dan seni, sehingga dapat menunjang peningkatan prestasi di bidang tersebut serta kualitas akademis di sekolah.

“Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan ini sebagai bagian dari sistem pembinaan yang bertujuan untuk menjaring bibit-binit ilmuwan, atlet dan seniman berbakat untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan, sehingga nantinya diarahkan untuk mengikuti perlombaan baik di tingkat lokal sampai internasional,” ungkapnya.

Mengenai Guru berprestasi, menurut bupati, Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, melatih, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya Guru harus memiliki kompetensi profesional yang dapat diandalkan sehingga menjadi teladan bagi siswanya.

“Salah satu bentuk penghargaan bagi Guri, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berprestasi adalah dengan menyelenggarakan pemilihan Guru, Kepala Sekolah serta Pengawas berprestasi,” ujarnya.

Bupati berharap semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi wahana bagi peserta lomba untuk mengembangkan kreativitas dan mengaktualisasikan diri dalam membangun dan menumbuhkan semangat berkompetisi.

“Saya mengajak kepada siswa-siswa yang mengikuti kegiatan ini tampilkan yang terbaik untuk sekolah dan Kabupaten Sumedang, Selain itu jungjung tinggi sportifitas dan biasakan berkompetisi. Karena dengan kompetisi akan melahirkan kemajuan dan kebaikan kedepannya,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Unep Hidayat dalam laporannya mengatakan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut dalam rangka mensukseskan dan mendorong Sumedang Simpati serta mengevaluasi kegiatan di Sekolah dalam rangka pembinaan terhadap siswa-siswi berprestasi dibidang olahraga, seni dan mata pelajaran dalam upaya membentuk kontingen Kabupaten Sumedang yang akan berlaga di tingkat Provinsi Jawa Barat bulan Juli mendatang.

“Peserta O2SN dan FLS2N adalah siswa-siswi SD utusan kontingen dari 26 Kecamatan, SMP utusan dari 4 wilayah se Kabupaten Sumedang dengan jumlah keseluruhan 2556 orang. Sementara untuk waktu dan tempat penyelenggaraan akan dimulai dari tanggal 20 sampai dengan 22 Februari bertempat di wilayah Sumedang Kota,” paparnya.

Diakhir acara dilakukan penyerahan piala bergilir dari Bupati dan piala tetap dari Kadis Pendidikan Kabupaten Sumedang kepada Ketua Panitia Pelaksana. Dilanjutkan dengan Devile yang di ikuti oleh 30 kontingen dari tingkat SD, SMP se Kabupaten Sumedang. (Abas)

Categories: Pendidikan