Sambut Era Digital 4.0, ASN Pemkab Sumedang Perlu Tingkatkan Profesionalisme

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang menggelar Seminar Nasional membangun profesionalitas ASN kabupaten Sumedang, di Graha Asia Plaza Sumedang, rabu, (20/2/2019).

Seminar  Nasional bertemakan “Transformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam Pelayanan Publik di Era Industri 4.0 Menuju Sumedang Simpati” dibuka oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Acara ini terbagi dalam dua sesi dengan menghadirkan empat pemateri,  yaitu Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan setiawan dan Adi Mustofa junjunan Sekretaris Deputi SDM Kemenpan RB. Sedangkan untuk sesi kedua pemateri diisi oleh Prof. Rhenald Khasali yang merupakan akademisi dan praktisi sekaligus guru besar dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Acara ini diikuti 150 peserta terdiri dari para Asisten, Staff Ahli, Para Pimpinan SKPD, Kasubag dan lurah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Sambut Era Digital 4.0, ASN Pemkab Sumedang Perlu Tingkatkan Profesionalisme (1)Tampil diawal acara, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat membuka sekaligus memberikan materi menyampaikan, seminar ini telah direncanakan jauh-jauh hari, tujuannya untuk mengembangkan kapasitas sebagai ASN dan mengubah mindset dalam melayani masyarakat untuk kemudian dapat diimplementasikan dilapangan.

Dikatakan Bupati, saat ini perubahan dunia dan kemajuan zaman semakin cepat, mau tidak mau hal ini harus direspon oleh jajaran birokrasi. Dalam merespon perubahan  yang terjadi, menurut bupati, para ASN harus bekerja lebih cepat  dan lebih proaktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam mewadahi perubahan masyarakat, birokrasi kita harus lebih canggih, harus lebih gesit dan bisa merespon dengan cepat setiap perubahan yang terjadi.  Intinya kita  bisa mewadahi dinamika internal dan bisa merespon dinamika eksternal yang terjadi,” ungkap bupati.

Bupati berharap, para peserta yang notabene rata rata sebagai kepala OPD  bisa mencerminkan nilai-nilai kepemimpinannya untuk menggerakan potensi yang ada dibirokrasi dalam membangun Sumedang.

“Pemimpin itu memberikan harapan bukan ratapan. Pemimpin harus menumbuhkan optimisme bukan pesimisme dalam mendirecting anak buahnya dan mengajak masyarakat untuk bersama mencapai tujuan,” harap bupati.

Sementara itu Prof. Rhenald Kasali yang tampil sebagai pemateri terakhir memberikan pemaparan kepada para peserta yang dikemas dengan pendekatan interaktif, dinamis dan diperkaya dengan berbagai tampilan audio visual.

Adapun tema materi yang diberikan yaitu ASN  di era Disrupsi. Tema tersebut untuk memberikan inspirasi kepada para peserta  agar berpikir secara positif dalam menyambut era digital 4.0. dan mengantisipasi perubahan terjadi dengan meningkatkan kemampuan, pengetahuan keterampilan dan teknologi. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com