Menteri KLHK: Satukan Langkah Terhadap Kepedulian Pengelolaan Sampah

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menghadiri Rapat Kerja Nasional Indonesia Bersih Dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, bertempat di Aula Manggala Wanabakti Kementrian KLHK Jakarta, Kamis (21/06/2019).

Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah serta Launching Gerakan Indonesia Bersih.Rapat Kerja Nasional dipimpin oleh Mentri Kordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan di hadiri oleh Gubernur Walikota, Bupati serta para Kepala Dinas Lingkungan Hidup di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini para Menteri Kordinator menyampaikan materi tentang Revolusi Mental Kebersihan sebagai salah satu gerakan serta mamfaat hidup bersih, sehat dan bernilai budaya.Selanjutnya, para menteri menyampaikan Kebijakan Umum dan Strategis Sektoral terkait pengelolaan Sampah sesuai peraturan Presiden dan Intruksi Presiden  serta kaitan sosialisasi kebijakan lainnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc menyatakan, “Rapat kerja ini bertujuan untuk mengajak seluruh pihak mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian Pengelolaan Sampah dengan memanfaatkan momentum Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019. Rapat Kerja diharapkan dapat menjadi katalis dan medium sinergi nasional untuk meningkatkan dampak dan kualitas pengelolaan sampah di Indonesia. Adapun tema Hari peduli Sampah Nasional 2019 adalah. Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, “Perhatian Nasional dan Internasional pada sampah juga tertuju pada sampah plastik, dengan segala potensi akibatnya kepada manusia dan satwa.Sampah plastik di laut ukuran mikro atau marine debris sangat bahaya karena mengganggu kesehatan apabila derbis masuk dalam pencernaan ikan dan masuk dalam sistem rantai pangan. Pemerintah Indonesia bertekad untuk kita bersama dapat mengatasi masalah sampah laut dan plastik di Indonesia,” ujarnya.

Program Gerakan Indonesia Bersih merupakan salah satu Gerakan Revolusi Mental yang tercantum dalam Intruksi Presiden Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2016 dimana Momentum Gerakan Revolusi Mental ini bertepatan dengan tanggal 21 Februari yang merupakan Hari Peduli Sampah Nasional.Hari Peduli Sampah Nasional merupakan bentuk kontemplasi atas belum optimalnya pengelolaan sampah yang mengakibatkan korban jiwa di tempat pembuangan akhir (TPA) pada tahun 2005.

Sementara itu Wakil Bupati dalam kesempatannya memberikan arahan, hampir semua menteri pada kegiatan Rakernas Inonesia bersih ini menghimbau untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Saya berharap kita juga harus mempunyai Perda tentang pengelolaan Sampah, seperti yang saya pernah lakukan di kota Bandung.Perda pengelolaan sampah di Kabupaten Sumedang sampai saat ini belum ada, saya sampaikan ke pa Sekda kita dari sekarang buat perdanya supaya bisa lebih teratur lagi dalam pengelolaan sampah ini,” ujarnya.

Wabup juga menghimbau agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan maupun di tempat kerja dan menekankan agar menjaga pola hidup sehat. (Abas)

Categories: Nasional

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com