Bupati Sumedang: Informasi Merupakan Kebutuhan Pokok Setiap Orang

SUMEDANG, eljabar.com — Selaku PPID Utama Humas Setda Kabupaten Sumedang Melakukan Optimalisasi Peran PPID melalui Rapat Koordinasi dan Evaluasi Lapor SP4N Dan SSQR di Kabupaten Sumedang tahun 2019, yang dilaksanakan, di Aula Tampomas, Jumat (22/02/2019).

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol H. Asep Tatang Sujana mengatakan informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

“Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap peneyelenggaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” ungkapnya.

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Sumedang telah menerbitkan peraturan Bupati Sumedang nomor 97 tahun 2017 tentang pengelolaan pelayanan pemerintah Kabupaten Sumedang, dengan tujuan terlaksananya pengelolaan informasi dan dokumentasi yang merupakan salah satu tugas pejabat pengelola informasi, diantaranya melalui aplikasi berbasis online Lapor!-SP4N (Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) dan SSQR (Sumedang Simpati Quick Response),” ungkapnya.

Ia berharap melalui kedua program tersebut diharapkan dapat menunjang perwujudan pelayanan yang lebih cepat tepat, dan sederhana di era millenial revolusi industri 4.0.

“Saya berharap agar tim Lapor!-SP4N dan SSQR dapat saling bersinergi satu sama lain.Tak lupa, hal yang tak kalah pentingnya juga adalah saya menghimbau kepada para PPID yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang, agar turut mensosialisasikan program Lapor!-SP4N dan SSQR kepada masyarakat, sehingga keberadaan kedua program tersebut akan lebih mudah sampai dan diterima masyarakat serta dapat menunjang perwujudan pelayanan yang lebih cepat tepat, dan sederhana di era millenial revolusi industri 4.0,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si, mengatakan caranya mengolah informasi, masalah sederhana tapi sangat fatal sangat vital terkait dengan keberlanjutan pembangunan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si mengatakan pemerintah harus semakin terbuka dan transparansi  termasuk transparansi dalam pengelolaan informasi karena menurutnya itu adalah sebuah kebutuhan bersama, dengan memberikan informasi yang baik dan cepat kepada masyarakat sehingga pemerintahan bukan lagi milik kita tetapi segenap komponen bangsa.

“Tanpa dimintapun kita harus memberikan informasi kepada publik karna hak publik untuk mendapatkan informasi yang baik dan kewajiban kita untuk memberikannya itulah esensi peran PPID,” ujarnya.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si, Kabag Humas dan Protokol, para Narasumber dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, dan para PPID pembantu di setiap SKPD dan Kecamatan. (Abas)

Categories: Pemerintahan

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com