Wabup Sumedang: Sektor IKM Mendapat Peranan Penting dalam Pembangunan Ekonomi Nasional

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru IKM di Jawa Barat bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Selasa (26/02/2019).

Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian bersama dengan Komisi VI DPR RI  dan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan wirausaha pada hakikatnya adalah kemampuan berusaha secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

“Sektor industri kecil dan menengah (IKM) memegang peranan penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, memiliki ketangguhan terhadap goncangan perekonomian global serta membuka peluang berusaha dan dapat mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapat sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat,” ucapnya.

Namun menurut Wakil Bupati pada kenyataanya sektor industri kecil menengah di Kabupaten Sumedang masih memiliki berbagai kendala dan permasalahan diantaranya kurangnya permodalan karena modal di dapat dari uang pemilik usaha sendiri,  selain itu kesulitan dalam pemasaran, artinya kurang memanfaatkan penggunaan media internet dalam pemasaran produknya dan masih ada persoalan lainnya.

“Dengan demikian sinegritas antara Pemerintah Daerah dengan stakeholder diharapkan mampu menciptakan berbagai lapangan usaha baru serta menekan bahkan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Ditambahkan Wakil Bupati untuk menghadapi kendala yang ada tentunya peranan masyarakat industri yang kreatif dan inovatif serta daya dukung pemerintah sangat diperlukan.

“Seperti halnya Pemkab Sumedang yang memiliki program unggulan ke sembilan dari visi Sumedang Simpati yaitu membangun Sumedang preneurship berbasis profesional dan kreatifitas melalui Gerakan Wirausaha Muda (Garuda). Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini mudah-mudahan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sumedang,” paparnya.

Sementara itu Kasi Sumber Daya dan Sarana Prasarana Subdit Alat Angkut, Alusnaria Dahlia selaku ketua pelaksana kegiatan memaparkan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut dalam rangka penumbuhan dan pengembangan  wirausaha industri khususnya IKM makanan ringan, kopi, furniture, kerajinan, roda dua, perbengkelan dan yang lainnya.

“Sebanyak seratus dua puluh lima orang peserta akan mengikuti kegiatan ini selama lima hari, serentak di laksanakan di Hotel Puri Khatukistiwa Jatinangor. Dalam kegiatan ini peserta akan memperoleh materi yang akan mendukung dalam penumbuhan dan pengembangannya sebagai WUB antara lain kewirausahaan, perijinan dan pendanaan,” tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Komisi VI, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Kadis Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian, para Peserta Pelatihan dan tamu undangan lainnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan