Pasokan Listrik Surplus, PLN Siap Dukung Pembangunan Kawasan Industri di Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — PLN menyatakan siap mendukung pembangunan kawasan industri di  Sumedang dengan pasokan listriknya yang sekarang dalam keadaan surplus (berlebih).

Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang Wahyu Ahadi dalam audiensinya dengan Bupati Sumedang di Ruang Tengah Gedung Negara Jumat (15/03/2019).

PLN  UP3 Sumedang yang membawahi 4 ULP (Unit Layanan Pelanggan) di dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Majalengka. Dua ULP yang berada di Kabupaten Sumedang, yaitu ULP Sumedang Kota dan ULP Tanjungsari,  berfokus pada pelayanan pelanggan, termasuk dari kalangan investor.

“Kalangan investor ini diantaranya para pengusaha industri yang akan difasilitasi oleh Pemkab Sumedang di kawasan industri baru,” tuturnya.

Pasokan Listrik Surplus, PLN Siap Dukung Pembangunan Kawasan Industri di Sumedang (1)Mengingat pasokan listrik yang dimiliki PLN saat ini dalam kondisi berlebih, diharapkan ada percepatan investasi dari para investor.

“Totalnya kita sekarang memiliki 408 MW, sedangkan yang dipakai baru sekitar 200-an MW. Itu juga sudah maksimal. Jadi masih ada sekitar 125 MW yang belum terpakai,” ujarnya.

Selain untuk menghilangkan stigma (negatif) bahwa PLN masih kekurangan listrik, usaha tersebut juga sebagai bentuk dukungan pihaknya atas rencana Pemkab Sumedang untuk membangun kawasan industri di Jatigede.

“Wujudnya investasi senilai Rp. 1,5 miliar dengan syarat  sudah masuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Ditambahkan, jika rencana tersebut sudah masuk RTRW, investasi yang 1,5 miliar itu akan segera direalisasikan dalam tahun ini.

“Kalau perusahaan-perusahaan itu sudah beroperasi secara paralel maka kemungkinan di Bulan Agustus-Oktober, semua akan mulai berjalan,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyambut baik terhadap kerjasam yang diberikan PLN kepada Pemkab Sumedang.

“Terimakasih kepada PLN yang selama ini sudah memberikan pelayanan terbaik khususnya untuk Kabupaten Sumedang, semoga pelayanan yang baik ini tetap pertahankan serta ditingkatkan,” ucapnya.

Bupati berharap Pemkab Sumedang dan PLN dapat berkoordinasi dengan baik demi kemajuan Kabupaten Sumedang.

“Kedepan akan banyak pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumedang, tentu saja semua itu akan membutuhkan energi listrik. Dua hal yang menjadi konsen kita saat ini yaitu, pengembangan di Jatigede dan pembangunan pusat industri di Tomo. Semoga dengan ketersediaan pasokan listrik saat ini bisa lebih membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Sumedang,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Ekonomi

Tags: ,,