Ridwan Kamil: Konsumen Harus Bisa Paham Apa itu Hak dan Kewajiban

BANDUNG, eljabar.com — Jawa Barat dipercaya menjadi tuan rumah Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2019.  Berbagai agenda pun digelar, salah satunya adalah penyelenggaraan pameran yang dilaksanakan di lapangan Gasibu, Kota Bandung, Selasa (19/3/2019).

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil dan dihadiri Menteri Perdagangan RI Enggar Tiastolukita, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Veri Anggriono, para Bupati/walikota se-indonesia, para pejabat Kementerian Perdagangan, pejabat provinsi dan para Kepala OPD.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka pameran berharap agar penyelenggaran pameran ini  menjadi sebuah kesempatan untuk mensosialisasikan pentingnya perlindungan konsumen, serta dapat memberikan pemahaman akan hak dan kewajibannya sehingga bisa menjadi konsumen cerdas.

“Pameran yang diselenggarakan dalam rangka Harkonas ini sangat baik untuk konsumen yang hadir dalam pameran ini, penting untuk konsumen memahami haknya dan kewajibanya agar konsumen lebih cerdas dalam bertransaksi barang maupun jasa, oleh karena itu edukasi harus lebih ditingkatkan lagi agar konsumen juga bisa paham apa itu hak dan kewajibannya,” kata Ridwan Kamil.

Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga Kementerian Veri Anggriono yang hadir pada acara pembukaan menambahkan, pameran dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional Tahun 2019 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tema yang diangkat pada pameran kali ini, yaitu “Edukasi Konsumen”.

Pemilihan tema ini, kata Veri merupakan wujud nyata pelaksanaan strategis nasional perlindungan konsumen yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 50 tahun 2017 dalam memperkuat pondasi dan mempercepat implementasi perlindungan konsumen dengan memprioritaskan 9 sektor.

Dijelaskan Veri, Sembilan sektor prioritas tersebut adalah : Obat dan makanan, Jasa Keuangan, Jasa Transportasi, Listrik dan Gas Rumah Tangga, Jasa Telekomunikasi, Jasa Layanan Kesehatan, E-Comerce, Perumahan, Barang Elektronik, Telematika dan Kendaraan Bermotor.

Lebih lanjut dikatakan Veri, pameran dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 Maret 2019 dengan menampilkan 90 stan yang terdiri dari 60 stan pelayanan pengaduan komsumen dan 30 stan produk unggulan usaha kecil, mikro, dan menengah Jawa Barat dengan peserta berasal dari instansi pemerintahan, pelaku usaha, dan asosiasi.

Pameran ini memiliki konsep yang berbeda dari sebelumnya, dimana pada pameran kali ini diisi dengan talkshow, games dan kuis interaktif yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada konsumen di seluruh indonesia. (Abas)

Categories: Ekonomi

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com