Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka  membangun Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, bertempat di Kantor Pengadilan Agama  Kabupaten Sumedang, Jum’at (29/3/2019).

Pencanangan Zona Integritas ditandai dengan pembacaan Fakta Integritas dilanjutkan dengan penandatangan piagam pencanangan pembangunan zona integritas oleh Ketua Pengadilan  Agama Sumedang  disaksikan Bupati Sumedang, Ketua DPRD dan Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang.

Pencanangan ini merupakan bentuk publikasi yang memberi pesan bahwa pimpinan dan jajaran pegawai Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang sepakat berkomitmen untuk mewujudkan WBK/ WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang Dudung Abdul Halim mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,  saat ini pihaknya telah menerapkan  pelayanan berbasis online atau digital diantaranya melalui program e-court dan One Day Publish.

“Program Mahkamah Agung yang dicanangkan oleh Dirjen pengadilan agama selalu kami ikuti, salah satunya adalah e-court dan One Day Publish yaitu peradilan berbasis elektronik. Kemudian untuk PTSP, karena ini merupakan program MA  walaupun tidak ada dari DIPA, Insya Allah kami mulai melakukannya dan pembangunannya sudah mulai berjalan bekerjasama dengan BRI Cabang Sumedang,” jelasnya.

Terkait dengan rencana pembangunan Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang, Abdul juga mengatakan, pihaknya telah menerima surat untuk pembangunan dari Mahkamah Agung sesuai dengan rekomendasi dari bupati Sumedang.

Ia menjelaskan, rencana pembangunan Kantor tersebut dilatar belakangi oleh kondisi kantor Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang yang terbilang cukup “jadul” jika dibandingkan dengan bangunan Pengadilan Agama kabupaten/kota  lain yang telah sesuai standar Mahkamah Agung. Menurut rencana, pembangunan kantor PA  akan direalisasikan pada tahun depan.

“Insya Allah, hari senin atau selasa yang akan datang, akan datang utusan dari Mahkamah Agung untuk mempresentasikan bentuk kantor Pengadilan agama yang akan dibangun. Mudah mudahan tahun depan dapat diwujudkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan pencanangan pembangunan zona integritas WBK/ WBBM yang dilakukan oleh keluarga besar Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang. Menurutnya, pencanangan ini merupakan bagian dari upaya dan ikhtiar dalam rangka meneguhkan dan menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk menjauhkan diri dari korupsi dan memberikan pelayan yang terbaik kepada masyarakat.

Lanjut dikatakan bupati, Kedepan,  dalam waktu dekat ia juga berencana akan mencanangkan Zona Integritas yang akan dilaksanakan di 11 SKPD termasuk RSUD dan 1 Puskesmas di Jatinangor.

Selanjutnya, menanggapi rencana pembangunan Kantor Pengadilan Agama, Bupati memberi respon positif, agar secepatnya  direalisasikan untuk mendapat tempat yang lebih baik dan layak dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui perbaikan fasilitas yang memadai.

“Kebijakan harus sesuai kinerja, Insya Allah akan kita proses, mudah-mudahan bisa secepatnya mendapatkan tempat yang lebih baik.  Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mensuport  Pengadilan Agama dan dalam  meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui perbaikan fasilitas yang memadai,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Hukum

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com